oleh

53 Penghuni Lorong Indah Jalani Rapid Test HIV/Aids

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak 53 penghuni dan pengunjung Lorong Indah diuji tes cepat atau rapid test HIV/Aids di kompleks Lorong Indah, Jumat (19/6/2020) sore. Rapid test ini diadakan Tim Gabungan dari beberapa instansi di antaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, Puskesmas Jakenan, SSR Fatayat NU dan LSM Dwita Genre.

“Kita lakukan screening HIV/Aids dan counseling terhadap populasi kunci atau WPS. Dimana mereka salah satu sasaran dalam program pengendalian HIV/Aids. Total ada 53 yang dites, 48 wanita dan 5 laki-laki. Pengunjung maupun pekerja yang ada di sini,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Pati, Ninik Trisnawati S, saat ditemui Mitrapost.com di lokasi Rapid Test Lorong Indah Margorejo.

Baca Juga : Di Lorong Indah Tidak Mungkin dilakukan ‘Physical Distancing’, Muntamah : Pasti Dilanggar

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran HIV/Aids. Menurutnya, semakin cepat ditemukan pengidap HIV/Aids, maka semakin cepat pula langkah-langkah pengobatan panyakit yang menyerang imun tubuh ini.

“Semakin cepat ditemukan, semakin cepat diobati, semakin mengurangi penyebaran HIV/Aids,” kata Ninik.

Ia berharap tidak ada stigma negatif dari masyarakat terhadap orang yang positif HIV/Aids. Menurutnya segala penyakit tidak perlu dipandang negatif. Bahkan, seharusnya masyarakat memberikan semangat kepada orang yang mengidap penyakit agar bisa hidup dengan sehat.

Baca Juga : Lorong Indah Masih Buka di Masa Pandemi

Sementara itu, karena di tengah pandemi Covid-19, pihaknya melengkapi petugas dengan alat pelindung diri (APD) lengkap. Mulai dari baju hazmat, masker, penutup kepala hingga sarung tangan.

Baca Juga :   Update Covid-19 di Pati, 5 Pasien Dinyatakan Positif

Kegiatan uji tes cepat HIV/Aids ini disyukuri beberapa penghuni Lorong Indah, salah satunya Cicik (Nama Samaran). Ia yang mengantri lebih dari 30 menit, merasa senang karena hasil rapid test-nya non reaktif.

“Tanggapannya senang karena dengan adanya rapid test ini kita tahu sehat atau tidak. Dan syukur saya non reaktif,” ujar gadis manis ini. (*)

Baca Juga :

Redaktur : Suhartono

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait