Januari Hingga Mei, Dinkes Pati Temukan 87 Penderita HIV/Aids

Pati, Mitrapost.com Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menemukan 87 penderita HIV maupun Aids. Mereka tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Pati.

“Kalau dari jumlah HIV itu ada 39 dan 47 pemderita Aids. Mulai dari bulan Januari sampai Mei,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Pati, Ninik Trisnawati S, saat melakukan rapid test di kompleks Lorong Indah, Jumat (19/6/2020) sore.

Meskipun angkanya tergolong tinggi, namun menurutnya, penemuan ini adalah salah satu keberhasilan pihaknya dalam menanggulangi HIV/Aids. Dengan ditemukan penderita HIV lebih cepat, maka resiko penyebaran penyakit maupun resiko semakin parahnya penyakit dapat diminimalisir.

“Jadi sebenarnya lebih baik segera ditemukan HIV sebelum menjadi Aids. Kalau Aids kan sudah menjadi fase berikutnya,” lanjut Ninik.

Baca Juga :   Dinkes Menilai Taat PHBS Mampu Permudah Pelaksanaan ‘New Normal’

Baca juga: 53 Penghuni Lorong Indah Jalani Rapid Test HIV/Aids

Tetapi, lanjutnya, karena stigma masyarakat negatif terhadap penderita HIV/Aids, banyak orang yang enggan untuk melakukan uji tes HIV/Aids. Padahal, menurutnya, keberhasilan pencegahan HIV/Aids ini salah satu indikasinya penemuan penyakit dengan cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati