oleh

Ditutup 3 Bulan, Pasar Makam Sunan Muria Mulai Operasi Lagi

Pandawa BPJS JKN PATI

Kudus, Mitrapost.com Sejak wacana tatanan new normal, Pasar Makam Sunan Muria mulai kembali beroperasi. Sebelumnya wisata religi makam Sunan Muria sempat tutup selama 3 bulan.

Abdul Salam, salah satu pedagang souvenir di area Colo Makam Sunan Muria mengaku menutup toko karena minimnya peziarah ke Makam Sunan Muria.

BPKAD Pati

“Ya tutup bukan pilihan sebenarnya, saya pernah tutup tiga bulan karena memang di atas (Makam Sunan Muria) ditutup total,” ujar Abdul Salam.

Penutupan wisata religi Sunan Muria juga berimbas turunnya pendapatan bagi para pedagang.”75% ya ada pendapatannya (turun),” jelas Abdul.

Baca juga: Persiapan New Normal, Disbudpar Kudus Lakukan Simulasi di Dua Destinasi Wisata

Baca Juga :   Hartopo Sebut Perbaikan Jalan Desa Mijen Bisa Lancarkan Ekonomi

Saat ini Ia mendapatkan Rp50.000 dalam sehari itu terasa sulit. “Ya kalau masa setelah pandemi paling Rp50.000 tapi itu ya habis buat makan sehari-hari,” ujarnya.

Selama tutup 3 bulan, banyak pedagang yang beralih profesi menjadi petani dan berjualan online untuk memenuhi pendapatan harian.

“Kalau yang punya sawah ladang ya bertani ada juga yang COD iya jualan online makanan makanan ringan. Kalau enggak bisa ya memang di rumah saja,” ujar Abdul Salam.

Penurunan pendapatan juga dirasakan Margono tukang parkir di area Makan Sunan Muria. “Kalau penurunan ya pasti ada apalagi masa-masa seperti ini kalau masa sebelum pandemi ya bisa selarik (penuh) parkiran tapi kalau sekarang ya sedikit, ” ujar Margono. (*)

Baca Juga :   Pandemi Covid-19 Membuat Perusahaan di Rembang Mengatur Ulang Jam Operasional

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait