Sama Istimewanya dengan Ibadah Haji, Berikut Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Mitrapost.com Idul Adha merupakan puncaknya ibadah haji yang dilaksanakan oleh umat islam, oleh karenanya Idul Adha juga disebut sebagai lebaran haji. Pada hari ini pun umat Islam diharamkan melakukan puasa sebab pada hari ke sepuluh Bulan Dzulhijjah ini diperingati peristiwa kurban. Namun, sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha, ada dua amalan sunnah yang dianjurkan bagi umat Islam, yaitu puasa Tarwiyah dan puasa Arafah.

Seperti diketahui, Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang dimuliakan Allah. Dimana disebutkan dalam hadis bahwa pada sepersepuluh bulan ini adalah hari-hari yang istimewa.

Salah satu amalan sunnah yang tak kalah istimewanya dengan ibadah haji adalah puasa Tarwiyah dan Arafah. Amalan ini dilaksanakan dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga :   Urai Kerumunan, Ganjar Imbau Penyembelihan Kurban di RPH

Puasa Tarwiyah dikerjakan pada 8 Dzulhijjah sedangkan puasa Arafah sendiri dilaksanakan pada hari Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah yaitu pada hari ketika jemaah haji di tanah suci sedang melakukan wukuf di Arafah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati