oleh

Amalan yang Dapat Menjadikan Hidup Tentram dan Damai

Mitrapost.comTerkadang kita sering sekali merasa gelisah, ketakutan yang berlebihan atau bahkan merasa tidak semangat karena tidak ada support sistem dari diri kita sendiri.

Selain berdoa, di bawah ini adalah amalan yang dapat menjadikan hati kita menjadi tenang :

Sabar

Dengan bersabar dalam menjalani cobaan dan berusaha menerima apapun ketetapan Allah SWT dengan berlapang dada. Hal itu dapat membuat hati kita menjadi tenang dan tidak mudah gelisah.

Allah telah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 153 :

 

 

 

 

 

 

 

 

Membaca dan mendengarkan Ayat-ayat suci Al-Quran

Dengan membaca atau mendengarkan ayat suci Al-Quran menjadi obat mustajab bagi orang yang sedang memiliki penyakit hati. Hal ini dipercaya mampu menenangkan hati bagi orang yang sedang gelisah, dan mencari ketenangan hati. Apabila melakukannya dengan khusyuk, maka hati akan merasa tenang, pikiran jernih, batin tentram dan hidup merasa damai.

Membaca Surat Yasin

Membaca surat yasindapat membuat hati menjadi tenang. Keutamaan membaca surat yasin akan membuat hati dan pikiran lebih tentram.

Usai membaca surat yasin dianjurkan untuk memanjatkan doa berharap agar perasaan gelisah dan keresahan hati dapat segera dihilangkan, karena waktu terbaik membaca doa adalah setelah membaca Al-Quran.

 

Baca juga : Doa Agar Hati Tidak Gelisah dan Diberi Ketenangan Jiwa

 

Sholat Tahajud

Dengan mengerjakan sholat tahajud akan membuat jiwa menjadi kuat dan hati menjadi lebih tenang saat menghadapi cobaan.

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, “ sholat manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Rasulullah menjawab,”Shalat Tahajud”. (HR. Muslim).

Sholat tahajud menjadi sangat luar biasa, karena pengerjaannya saat tengah malam, dalam keadaan hening, sunyi, tenang sehingga kita dapat khusyuk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Perbanyak Dzikir dan Istighfar

Dzikir dan istigfar dapat menenangkan hati dan pikiran.

Terdapat dua amalan wirid dzikir yang dapat dilakukan agar hati menjadi tenang, pertama dzikir “Hasbunallah wa ni’mal wakiil” dan kedua, dzikir “la haula wala quwwata illa billah”.

Senantiasa Mengingat Allah SWT

Selalu mengingat Allah akan mendatangkan ketentraman dan kedamaian hati. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Ar-Ra’d ayat 28. :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral