Roti Ganjel Rel, Makanan yang Sudah Ada Sejak Zaman Belanda Hingga Sekarang

Mitrapost.com Roti ganjel rel, cukup terdengar aneh bukan untuk sebuah nama kudapan? Tapi nama ‘ganjel rel’ cukup mendeskripsikan tekstur kudapan manis khas Semarang ini.

Disebut roti ganjel rel karena tekstur roti yang bantat, serta bentuknya yang persegi panjang dan tebal seperti bantalan rel. Roti ganjel rel memiliki rasa manis dari gula aren, sehingga warna rotinya pun berwarna coklat.

Tapi, roti ganjel rel punya nama lain yaitu roti gambang karena bentuknya yang mirip dengan alat musik tradisional Jawa ‘gambang’.

Roti ganjel rel merupakan makanan yang resepnya sudah ada sejak zaman penjajah Belanda ada di Semarang. Oleh sebab itu, roti berwarna coklat dengan taburan wijen ini sering dikatakan sebagai roti peninggalan Belanda.

Baca Juga :   Kue Terenak di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Meskipun roti ganjel rel merupakan kudapan khas Kota Semarang, namun untuk mendapatkannya tidak semudah mendapatkan makanan khas Semarang lainnya. Roti ganjel rel biasanya bisa ditemui di pasar-pasar tradisional, seperti di pasar Johar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati