Doa Berlindung dari Hilangnya Nikmat dan Kesehatan

Mitrapost.com Tuhan memberkati makhluknya dengan berbagai kenikmatan. Baik itu nikmat alamah, nikmat diniyah, dan nikmat ukhrowiyah. Namun, saking terlenanya dengan kehidupan yang dijalani, seringnya manusia pun lalai untuk mensyukuri nikmat. Salah sattunya adalah lali pada nikmat kesehatan yang diberikan Allah.

Manusia cenderung lupa mensyukuri nikmat sehat dan baru akan merasakannya saat ia sakit. Banyak sekali nikmat sehat yang diberikan Tuhan, termasuk salah satunya adalah nikmat sehat atas kelengkapan anggota tubuh kita.

Satu doa penuh makna dari kitap Riyadhus Sholihin An Nawawi mengajarkan kita agar kita tidak dijauhkan dari nikmat kesehatan.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

‘Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu’. (HR. Muslim no. 2739)