Bahaya, Kakak Bisa Jadi Perawan Tua Bila Adiknya Menikah duluan

Pati, Mitrapost.com – Ada berbagai mitos tentang pernikahan yang tersebar di Kabupaten Pati, salah satu yang terkenal adalah mitos apabila seorang kakak perempuan dilangkahi adiknya (sang adik menikah lebih dulu dari sang kakak) maka sang kakak akan kesulitan mendapatkan jodoh.

Hal ini secara filosifis Jawa diartikan sang adik dianggap tidak sopan karena mendahului sang kakak dalam menjalankan aktifitas kehidupan yang fundamental.

Imbasnya secara mitos sang kakak perempuan akan menjadi perawan tua. Sedangkan sang adik hubungan keluarganya akan tidak harmonis hingga berdampak perceraian.

Baca juga: Mitos Daun Semanggi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Untuk menangkal kepercayaan dan sang kakak perempuan enteng jodoh, Muhammad Hidayat Warga Winong mengungkapkan bila di daerahnya biasanya melakukan ritual taren (menawarkan).

Baca Juga :   Ketahui 6 Mitos Seputar Puasa

“Biasanya taren. Menawarkan kakak perempuannya, menawarkan apapun kepada kakaknya, bisa uang atau barang untuk syarat adiknya boleh menikah dulu,” jelas Dayat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati