oleh

11 Guru Terpapar Corona, Gugus Tugas Covid-19 Rembang Tetapkan Klaster Sekolah

Rembang, Mitrapost.com Gugus Tugas Percepatan Pembangunan Covid-19 Kabupaten Rembang menyatakan SMK Negeri 1 Gunem menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Hal tersebut setelah 11 guru diketahui terinfeksi virus corona.

“Total ada 11 guru positif Covid-19 di SMKN I Gunem dan ini klaster. Meski demikian hingga saat ini 11 guru sudah dinyatakan negatif Covid-19. Sebelas guru ini sudah diberikan surat keterangan bebas Covid-19,” kata  Humas Gugus Tugas Percepatan Pembangunan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Rembang, Arief Dwi Sulistya, melansir Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Klaster Covid-19 di SMKN I Gunem bermula dari salah satu guru yang terlibat dalam Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pilkada Rembang. Saat itu yang bersangkutan mengikuti rapid test dengan hasil reaktif, kemudian hasil swab-nya juga menunjukkan positif Covid-19.

“Nah padahal sebelumnya yang bersangkutan sempat ke sekolah untuk persiapan penerimaan siswa baru, sehingga dilakukan tracing kepada guru yang kontak erat,” terang Arief.

Baca juga: Kasus Covid di Rembang Bertambah 13 Orang dari Hasil Tes Swab

Tindak lanjut tracing ini dengan melakukan tes usap tenggorokan kepada 25 guru SMKN Gunem. Hasil tes yang keuar pada 27 Juli tersebut menunjukkan 10 orang guru terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dengan bertambah 10 guru positif Covid-19, maka total 11 guru positif Covid-19. 11 guru positif Covid-19 ini kemudian menjalani isolasi mandiri hingga dinyatakan sembuh,” kata Arief.

Sementara itu, berdasarkan data pada laman https://covid19.rembangkab.go.id/ pada Jumat (14/8/2020) pukul 18.51 tercatat 214 masuk dalam kontak erat, 32 suspek Covid-19, 6 asimptomatik dan 24 terkonfirmasi simptomatik. (*)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ‘Klaster Sekolah Muncul di Rembang, Berawal dari Guru yang Jadi Petugas Pemilu’

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed