Fakta Nutrisi Brokoli Sebagai Super Food

Mitrapost.com – Brokoli merupakan jenis sayuran yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Brassica oleracea masuk dalam kelompok kubis-kubisan. Brokoli banyak digunakan dalam olahan masakan seperti capcay, tumis, atau sekadar dikukus.

Beberapa ahli kesehatan menyebut brokoli sebagai salah satu sayuran kategori super food atau pangan super dengan nutrisi yang luar biasa. Hal itu karena diketahui brokoli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Nutrisi yang terkandung dalam brokoli diantaranya adalah serat, vitamin C, vitamin K, zat besi, dan kalium. Selain itu sayuran ini juga mengandung banyak protein dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.

Baca juga: Mitos Daun Semanggi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Baca Juga :   Cara Mudah Rawat Kaktus

1. Karbohidrat
Jenis karbohidrat yang terkandung dalam brokoli adalah serat dan gula (fruktosa, glukosa, dan sukrosa, dengan sedikit laktosa dan maltose). Meskipun demikian, kandungan karbohidrat di dalam brokoli sangat rendah. Brokoli juga masuk kategori sayuran yang memiliki Indeks Glikemik rendah yaitu 10. Hal ini menunjukkan, jika brokoli memiliki efek kecil dalam peningkatan kadar gula dalam darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati