Meski Tercatat Sebagai Produsen Garam Tertinggi, Produksi Garam di Pati Turun Signifikan

Pati, Mitrapost.com Saat ini Kabupaten Pati merupakan produsen garam terbesar di Jawa Tengah dan nomor tiga setelah Madura dan Indramayu secara nasional. Dari statistik tahun 2019, Kabupaten Pati mampu memproduksi 350,760 ton garam, disusul Kabupaten Rembang 185.723 ton dan Demak 132.345 ton. Di tahun 2020, Kabupaten Pati telah memproduksi garam sebanyak 20.705 ton hingga akhir Bulan Juli.

“Pati di Jawa Tengah nomor 1 produksi garamnya. Di bandingkan Kabupaten lain kita itu sudah swasembada, bahkan bisa dijual keluar, artinya surplus. Kabupaten Pati, untuk upaya menyerap hasil garam warga sendiri itu sudah bagus,” kata Johannes Harnoko, Kabid Pengloalaan dan Pengembangan Produk Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Pupuk Subsidi Hanya Tersedia di Pengecer Resmi

Baca juga: Penyebab Harga Garam Pati Turun Hingga Rp 300 per Kilo

Kendati demikian, diakui Johannes di tahun 2020 ini produksi garam diprediksi menurun disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya stok garam di tahunlalu masih banyak karena harganya terus anjlok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati