oleh

Dispermades Pati: Dana Desa Tahap Ketiga Sudah Siap Dicairkan

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com Sejumlah 426 miliar untuk Dana Desa (DD) telah dialokasikan kepada 401 desa se-Kabupaten Pati. Setelah dua tahap dicairkan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) mengatakan, dana desa tahap ke-3 siap dicairkan.

Diakui Kepala Dinas Dispermades Pati, Sudiyono, alokasi untuk DD harusnya lebih banyak namun dipotong untuk kebutuhan penangan Covid-19 di tingkat desa.

“Kalau 2020 alokasinya adalah 426 miliar. Alokasi awal 430 miliar, tapi karena ada refocusing pengurangan anggaran untuk covid dari pusat. Kemudian dikurangi kurang lebih 10 juta masing-masing desa, itu diluar dana BLT DD. Tapi setiap desa cukup dan tidak ada masalah,” katanya kepada Mitrapost.com, Rabu (19/8/2020).

Baca Juga :   Serapan Dana Desa Jateng Capai 54 Persen

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini DD diarahkan untuk fokus pada penanganan covid di tingkat desa, sehingga penggunan untuk kebutuhan perbaikan infrastruktur desa tidak diutamakan.

“Kalau yang berkait dengan itu. Karena arahan dari pemerintah pusat dari Permendes (Peraturan Menteri Desa) dan Perbub (Peraturan Bupati), pelaksanaan penggunaan dana desa hanya difokuskan di BLT (bantuan langsung tunai, jaring pengaman sosial, dan penanganan covid). Yang lain-lain dinomor duakan, untuk pembangunan fisik dialihkan,” terang Sudiyono.

Baca juga: Belum Semua Pemdes Cairkan Dana Desa, BLT DD Tahap 2 Baru Tersalur ke 61 Desa

Dalam pencairannya, DD dibagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama diacairkan 40%, di tahap kedua 40% dan di tahap tiga 20%.

Baca Juga :   ADD 2020 di Pati Sudah Cair 100 Persen, 80 Persen untuk Siltap Perangkat Desa

Diakui Sudiyono tahap 1 dan 2 pencairan DD telah terlaksana dan didominasi untuk program BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa), sisanya untuk infrastruktur.

“Itu saja sudah hampir semua dana DD itu teralokasi kesana (BLT DD). Tapi ada juga yang dialokasikan untuk infrastruktur,” katanya.

Sudiyono mengimbau kepada seluruh pihak desa di Pati untuk segera mencairkan dana desanya yang 20%, agar bisa digunakan untuk keperluan penanganan covid di tingkat desa lebih-lebih untuk infrastruktur. (*)

Baca juga: 

Baca Juga :   Ada Kemungkinan BLT DD Dilanjut, Dispermandes Pati: Bisa Saja Serap 75 Persen DD

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral