Dispermades Pati: Dana Desa Tahap Ketiga Sudah Siap Dicairkan

Pati, Mitrapost.com Sejumlah 426 miliar untuk Dana Desa (DD) telah dialokasikan kepada 401 desa se-Kabupaten Pati. Setelah dua tahap dicairkan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) mengatakan, dana desa tahap ke-3 siap dicairkan.

Diakui Kepala Dinas Dispermades Pati, Sudiyono, alokasi untuk DD harusnya lebih banyak namun dipotong untuk kebutuhan penangan Covid-19 di tingkat desa.

“Kalau 2020 alokasinya adalah 426 miliar. Alokasi awal 430 miliar, tapi karena ada refocusing pengurangan anggaran untuk covid dari pusat. Kemudian dikurangi kurang lebih 10 juta masing-masing desa, itu diluar dana BLT DD. Tapi setiap desa cukup dan tidak ada masalah,” katanya kepada Mitrapost.com, Rabu (19/8/2020).

Baca Juga :   Belum Semua Pemdes Cairkan Dana Desa, BLT DD Tahap 2 Baru Tersalur ke 61 Desa

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini DD diarahkan untuk fokus pada penanganan covid di tingkat desa, sehingga penggunan untuk kebutuhan perbaikan infrastruktur desa tidak diutamakan.

“Kalau yang berkait dengan itu. Karena arahan dari pemerintah pusat dari Permendes (Peraturan Menteri Desa) dan Perbub (Peraturan Bupati), pelaksanaan penggunaan dana desa hanya difokuskan di BLT (bantuan langsung tunai, jaring pengaman sosial, dan penanganan covid). Yang lain-lain dinomor duakan, untuk pembangunan fisik dialihkan,” terang Sudiyono.