oleh

Saat Manusia Mengeluh Allah Sudah Punya Jawabannya

Mitrapost.com Mengeluh atau bahasa gampangnya ‘sambat’ sudah menjadi hal wajar kita lakukan setiap harinya. Rasa-rasanya sampai tidak ada hari tanpa sambat. Bahkan tak jarang apa yang kita keluhkan disalurkan melalui media sosial. Sebentar sebantar buat status di WhatsApp. Beberapa detik kemudian buat story di Instagram, Facebook.

Banyak hal menjadi alasan untuk sambat. Mulai dari alasan pekerjaan, masalah keluarga, belum dapet kiriman uang, sampai yang galau karena asmara.

BPKAD Pati

Sambat, meratapi nasib, tidak puas dengan pemberian Allah, sebenarnya alasan-alasan itu bermuara pada satu kesimpulan, yaitu kurang rasa syukur. Padahal sejatinya apa yang kita lalui merupakan ujian kepada hamba-Nya agar kita senantiasa bersyukur.

Akan tetapi, apa yang kita keluhkan itu Allah sudah mempunyai jawabannya dalam Al Quran. Tinggal bagaimana kita manusia yang merasa serba kekurangan menyikapi.

Baca juga: Keutamaan dan Manfaat Kebiasaan Membaca Doa Setelah Adzan

Saat merasa penat dan lelah

Allah menjawab dalam Surat An Naba ayat 9, “Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat.”

Daripada sambat enggak jelas di masing-masing media sosial yang kalian punya karena merasa lelah lebih baik tidur. Lebih bermanfaat dan lelah pun hilang. Simpel.

Saat merasa mengalami ujian yang berat

Dalam Surat Al Baqarah ayat 286 Allah berfirman, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Jika Allah memberikan ujian yang dirasa berat mungkin artinya kekuatan iman kalian semakin tinggi.

Saat merasa galau, bimbang, bingung

Allah menyeru agar selalu mengingat-Nya, “…hanya dengan mengingatKu hati akan menjadi tenang.” Surat Ar Ra’d ayat 28.

Jika sedang kalut dan bingung mendekatlah kepada Allah, karena Allah adalah sebaik-baiknya penjaga hati kita.

Baca juga: Perbanyak Istighfar, Allah Punya Solusi di Setiap Masalah Kehidupan

Saat merasa hal yang dikerjakan terasa sia-sia

Dalam surat Az Zalzalah ayat 7 dijelaskan, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”

Tidak perlu khawatir dengan apa yang kita kerjakan karena setiap kebaikan yang kita kerjakan juga akan menuai kebaikan, akan tetapi juga sebaliknya. Jika kita melakukan hal buruk Allah juga akan memberikan balasan serupa.

Saat membutuhkan pertolongan

Allah tidak segan memberikan pertolongannya, “…Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku kabulkan.” Al Mu’min ayat 60.

Berdoa kepada Allah merupakan cara terbaik meminta pertolongan, karena dengan begitu kita juga akan senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya. (*)

Baca juga: 

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait