Tips Memotong Bawang Agar Peroleh Manfaat yang Maksimal

Ilustrasi memotong bawang putih

Mitrapost.com – Bawang putih menjadi salah satu bahan masakan yang tak boleh terlewatkan. Penggunaan bawang putih dalam masakan menambah cita rasa yang nikmat.

Tak hanya itu, bawang putih juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Seperti halnya mencegah hipertensi, kanker, antiperadangan, antibakteri, antioksidan, dan mengatasi asakit tenggorokan.

Namun, banyaknya proses yang dilewati untuk mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi beberapa kandungan zat yang ada di dalamnya. Alhasil, manfaat yang diperoleh pun tidak maksimal.

Baca juga: Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Kayu Manis

Berikut ini cara mengolah bawang agar tidak mengurangi zat yang bermanfaat di dalamnya, melansir Kompas.com.

  1. Gunakan bawang putih segar

Manfaat bawang putih bisa didapatkan dalam potongan bawang putih yang segar. Allicin, senyawa dalam bawang putih yang punya manfaat kesehatan tersebut, tersimpan dalam bawang putih yang segar. Para peneliti di Jepang menemukan, bawang putih akan kehilangan zat allicin ini jika potongannya disimpan dalam air selama enam hari. Sedangkan jika disimpan dalam minyak sayur, senyawa ini akan hilang dalam waktu tiga jam saja.

  1. Diamkan beberapa menit
Baca Juga :   Tampak Malu Jika Disentuh, Tumbuhan Putri Malu Bisa Sembuhkan Insomnia

Letak enzim ada di dalam siung bawang, enzim ini tidak bisa langsung aktif bekerja untuk kesehatan. Bawang putih harus bereaksi dengan oksigen untuk mengaktifkan senyawa allicin di dalamnya. Nah, demi mengaktifkan enzimnya, bawang putih yang sudah dicincang harus didiamkan selama 10-15 menit sebelum dimasak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati