oleh

Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Kayu Manis

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Kayu manis atau yang memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum merupakan bahan rempah yang berasal dari kulit batang pohon. Rempah satu ini biasanya menjadi bahan minuman maupun masakan. Diketahui Kayu manis memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Tidak sekedar menghangatkan tubuh, sajian minuman yang menggunakan bahan kayu manis ternyata mempunyai beberapa khasiat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat dalam kulit batang kayu manis bahkan mampu mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis.

Baca juga:Petik Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Begitu juga penggunaan kayu manis dalam masakan. Memiliki bau harum, memberi aroma nikmat dan dapat menambah cita rasa masakan Anda.

Bukan hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam kayu manis juga sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan manfaat ini dapat menghindarkan tubuh dari serangan berbagai bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit.

Baca Juga :   Ketahui Penyebab Cegukan dan Cara Atasinya

Berikut beberapa manfaat rebusan kayu manis yang perlu Anda ketahui.

Baca juga:Cengkeh, Jenis Rempah yang Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

  1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kayu manis sarat dengan antioksidan kuat, seperti polifenol.

Antioksidan polifenol yang banyak ditemukan dalam kayu manis juga dapat membantu mencegah pembekuan darah, mengurangi kadar gula darah, hingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Bukan hanya itu, senyawa ini juga dapat meningkatkan fungsi otak, sistem pencernaan dan dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker.

  1. Mencegah penuaan dini

Fakta menarik lainnya ternyata manfaat rebusan kayu manis dapat berguna untuk mencegah penuaan dini. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat meningkatkan kolagen, elastisitas dan hidrasi pada kulit. Hal ini pun secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya kerutan-kerutan halus pada wajah dan penggelapan kantung mata.

Baca Juga :   Trik Mengenali Telur Sudah Busuk

Baca juga:Bagus untuk Menurunkan Berat Badan, Berikut Manfaat Minum Air Hangat

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat rebusan kayu manis jika dikonsumsi sangan berguna untuk kesehatan jantung. Hal ini tidak lain karena senyawa yang terdapat dalam kayu manis mampu mengurangi tekanan darah, serta kadar trigliserida dan kolesterol buruk.

Dalam waktu yang bersamaan, kandungan rebusan kayu manis dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan jantung. Selain itu, kayu manis juga mengandung kumarin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah.

Baca juga:Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Hingga Kecantikan

4. Mengurangi Rasa Nyeri Haid

Kandungan serat dan protein pada kayu manis sangat disarankan untuk dikonsumsi wanita ketika haid. Dengan kandungan tersebut membantu untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi karna kontraksi otot pada rahim.

5. Menurunkan gula darah

Sifat antidiabetik yang dimiliki kayu manis sangat efektif dalam menurunkan gula darah dalam tubuh. Kayu manis ini dapat bekerja selayaknya insulin, yaitu hormon yang bertugas untuk mengeluarkan gula dari aliran darah.

Baca Juga :   Kenali Manfaat Belimbing, Kaya akan Vitamin C

Bahkan kayu manis juga berguna untuk membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus, juga mencegah meningkatnya kadar gula darah setelah makan. Bukan hanya itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu menstabilkan kadar glukosa dan lipid pada penderita diabetes tipe 2.

Baca juga:

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, difacebook, instagram,dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral