oleh

Minat Bertani Pemuda Pati Menurun, Dispertan Membumikan Alat Pertanian Modern

Foto: Ilustrasi lahan kacang tanah

Pati, Mitrapost.com Minat pemuda Pati di bidang pertanian menurun, padahal luasan sawah di Pati mencapai kurang lebih 56.000 hektar dan tidak banyak mengalami penurunan.

Merespon kondisi tersebut, Dinas Pertanian Pati mencoba membumikan peralatan tani modern untuk mempermudah kinerja para pemuda agar terjun ke dunia pertanian.

“Makanya kita cenderung ke mekanisasi alat berat pengolah tanah. Traktor, jonder, untuk mengantisipasi kekurangan petani kita. Mengingat pemuda kita terjun ke lapangan jarang. Suruh nyangkul ya nggak mungkin,” terang Gunawan, Kabid Penyuluhan dan Informasi Dinas Pertanian Kabupaten Pati kepada Mitrapost.com beberapa waktu yang lalu.

Sebagai langkah konkret beberapa tahun belakangan, Dispertan Pati melakukan koordinasi dengan provinsi membahas sosialisasi penggunaan alat pertanian modern.

Baca juga: Ganjar Ajak Petani Padi Manfaatkan Pupuk Organik untuk Hasil Panen Lebih Baik

Dispertan Pati juga mempunyai program meminjamkan mesin panen berupa power tracer, yang dapat diakses oleh kelompok tani se Kabupaten Pati.

Selain menyosialisasikan alat pertanian modern, dalam waktu dekat Dispertan Pati juga akan melakukan verifikasi terhadap total luasan lahan sawah Kabupaten Pati.

“Tahun ini kita validasi luas lahan. Temen-temen penyuluh kita dorong untuk bekerja sama dengan  kelompok tani desa untuk memverifikasi luasan lahan sawah,” ungkap Gunawan. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait