Petani Tembakau di Blora Disarankan Jual Hasil Panen ke Pabrik

Blora, Mitrapost.com Ketua DPRD Blora, M Dasum, menyarankan para petani tembakau tidak menjual hasil panen kepada tengkulak, alih-alih ke pabrik produk tembakau.

“Saya menyarankan supaya tidak menjual pada tengkulak tapi ke pabrik produk tembakau,” ucapnya, di Blora, Minggu (9/8/2020).

Untuk melakukannya, menurut Dasum, para petani tembakau melalui kelompok tani bisa berkoordinasi dengan petugas dinas terkait atau mencari rekanan yang bisa membantu menjual ke pabrik. Bahkan sudah ada sebagain petani tembakau di Blora yang menjual kepada pabrik dibantu oleh petugas dinas terkait atau rekanan.

“Dengan demikian harganya tidak dipermainkan tengkulak dan penghasilan meningkat, terutama dalam situasi pandemi Covid-19,” tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Blora, Reni Miharti, mengungkapkan lahan tanam tembakau hingga akhir Juni 2020 seluas 876 hektare.

Baca Juga :   Polres Blora Gelar Bakti Sosial di Panti Sosial Disabilitas Mental Pamardi Karya

“Ini masih terus bertambah. Pernah mencapai 1.100 hektare setahun,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati