5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Untuk Sarapan

Berbagai macam sereal

Mitrapost.com – Sarapan menjadi kegiatan penting yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai aktivitas harian. Melakukan sarapan sama artinya memberikan asupan nutrisi bagi tubuh sebagai bekal energi untuk menjalani kegiatan seharian penuh.

Jenis makanan yang dikonsumsi ketika sarapan sangatlah penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan tidak sehat bisa jadi jauh lebih buruk daripada tidak sarapan.Terlebih lagi bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan mengonsumsi makanan sehat sangat dibutuhkan untuk melancarkan program diet yang dilakukan.

Baca juga: Tips Memotong Bawang Agar Peroleh Manfaat yang Maksimal

Idealnya, makanan yang tepat untuk sarapan mengandung serat, protein, dan lemak sehat yang bisa memberi energi dan rasa kenyang. Sebaliknya sarapan yang tidak sehat justru  bisa membuat Anda merasa lesu, berat badan bertambah, bahkan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika sarapan melansir Tempo.co, Jumat (4/9/2020).

  1. Sereal

Sereal tidak baik dikonsumsi karena melalui proses panjang dan hanya mengandung sedikit biji-bijian. Menurut penelitian didapati bahwa 1 cangkir porsi bisa mengandung lebih banyak gula daripada tiga kue chocolate chip. Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

Baca Juga :   Waspada Bahaya Sering Konsumsi Minuman dan Makanan Manis Saat Hamil

Baca juga: Tips Bersihkan Masker Kain untuk Mencegah Terjangkit Corona

  1. Jus buah kemasan

Umumnya jus buah yang dijajakan di pasaran mengandung sedikiy sari buah dan tinggi gula. Mengonsumsinya secara rutin justru berdampak buruk pada berat badan dan kesehatan. Minum jus buah dengan gula menyebabkan gula darah naik dengan sangat cepat karena tidak ada lemak atau serat yang memperlambat penyerapan. Lonjakan insulin dan penurunan gula darah dapat membuat Anda merasa lelah, gemetar, dan lapar.

  1. Yogurt manis

Yogurt yang memiliki berbagai varian rasa buah tidak baik dikonsumsi karena mengandung tinggi gula. Daripada yogurt tanpa lemak yang manis, lebih baik yogurt dengan susu yang mengadung lemak. Lemak membantu Anda tetap kenyang karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat, dan juga memicu pelepasan hormon kolesistokinin yang berfungsi merangsang pancreas mengeluarkan enzim pencernaan.

Baca Juga :   6 Jenis Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Baca juga: Tips Buat Smoothie Hijau Sehat dan Enak di Rumah

  1. Roti panggang dengan margarin

Terigu pada roti mengandung tinggi karbohidrat tapi rendah serat. Ini dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dengan sangat cepat. Peningkatan gula darah menyebabkan Anda cepat lapar sehingga bisa makan lebih banyak pada waktu makan.

Sebagian besar margarin mengandung lemak trans, salah satu jenis lemak tidak sehat. Produsen makanan umumnya membuat lemak trans dengan menambahkan hidrogen ke minyak nabati agar tampak lebih seperti lemak jenuh, yang padat pada suhu kamar.

Baca juga: Perhatikan! Beberapa Makanan Ini Bisa Mencegah Timbulnya Jerawat

  1. Makanan bebas gluten yang diproses

Diet bebas gluten sangat populer dalam beberapa tahun terakhir karena potensi efek negatif gluten bagi kesehatan. Namun, banyak makanan olahan bebas gluten yang sekarang tersedia dapat menyebabkan masalah.

Baca Juga :   10 Kuliner Khas Pati yang Wajib Dinikmati

Misalnya, kombinasi tepung yang terbuat dari beras, kentang, dan tapioka menggantikan tepung terigu dalam roti bebas gluten dan makanan yang dipanggang. Tepung ini memiliki indeks glikemik tinggi, sehingga meningkatkan gula darah dengan cepat.

Perhatikan menu sarapanmu saat ini untuk pastikan kebutuhan nutrisimu terpenuhi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati