oleh

Hindari Kebakaran, Dewan: Cek Kondisi Listrik dan Sedia APAR

Pati, Mitrapost.com – Berkaca pada tahun-tahun lalu, peristiwa kebakaran sering terjadi di musim kemarau. Mayoritas, kebakaran di musim kemarau terjadi karena kelalaian masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat harus siap sedia untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran terlebih di musim kemarau.

Anggota DPRD Pati, Fraksi PDI Perjuangan, Noto Subiyanto mengatakan di Pati peristiwa kebakaran sering terjadi di musim kemarau. Tercatat ada seratusan kasus lebih kebakaran selama setengah tahun ini.

Biasanya, kasus kebakaran di Pati sering dipicu akibat korsleting listrik, lupa mematikan kompor, menyalakan obat nyamuk bakar hingga pembakaran sampah.

“Melihat kasus-kasus yang pernah terjadi, masyarakat harusnya selalu mengecek kondisi listrik di rumah terutama sebelum meninggalkan rumah. Memastikan aliran listrik dalam keadaan aman bisa meminimalisir terjadinya kebakaran,” ujar Noto Subiyanto, Senin (7/9/2020).

Baca juga: Kunjungi Korban Kebakaran, Bupati Rembang Minta Warga Waspada

Selain itu, untuk menekan peristiwa itu, ada baiknya masyarakat menyediakan alat pemadam kebakaran (APAR) agar bisa melakukan pertolongan pertama saat ada kebakaran.

“Alat pemadam kebakaran itu perlu ada di rumah untuk antisipasi dan meminimalisir api yang membesar saat ada kebakaran,” lanjutnya.

Sebelumnya, menurut data yang disampaikan Kasatpol PP Pati Hadi Santoso peristiwa kebakaran selama Januari hingga Juni 2020 ada 136 kasus kebakaran.

“Bulan Juni ini ada 20 kejadian. Faktornya paling banyak kecerobohan dari pemilik. Mulai dari arus pendek listrik, obat nyamuk ditinggal, hingga kompor ditinggal,” katanya kepada Mitrapost.com, Selasa (30/6/2020). (Adv)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed