oleh

Dewan Pati Imbau Kemenag Permudah Izin Madrasah

Pati, Mitrapost.com Bersekolah di madrasah (Lembaga pendidikan islam) kini semakin diminati oleh warga Pati, hal ini sejalan dengan kualitas sekolah madrasah yang tak kalah dengan sekolah umum.

Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten (DPRD) Pati, Muntamah, mengimbau Pemkab permudah prosedur pengajuan ijin operasional pendirian madrasah. Pasalnya eksistensi lembaga pendidikan islam di Pati mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Harapan ini kalau ada permohonan izin yang sifatnya spesial jangan dipersulit. Misalnya sekolah berbasis penghafal quran yang sifatnya istimewa,” harapnya saat ditemui Mitrapost.com, Jumat (11/9/2020).

Muntamah mengamati, sekolah madrasah yang menerapkan pembelajaran beragam bisa mewarnai pola pendidikan di Kabupaten Pati.

“Kalau memang akan menjadikan sekolah yang sifatnya eksklusif monggo, malah bisa meningkatkan SDM siswa. Dalam arti ini lembaga yang nantinya bisa eksis,” terangnya.

Baca juga: Meski Madrasah Belum Ada Anggaran Kuota, Dana Bos Diproyeksi Akan Naik

Bersekolah di madrasah kini tak lagi dipandang sebelah mata. Kualitas pendidikan di madrasah tidak kalah dengan di sekolah umum. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya ribuan lulusan aliyah di berbagai perguruan tinggi ternama.

Anggota Dewan yang juga politisi dari Partai PKB ini sangat mengapresiasi bagi Lembaga Pendidikan yang bukan hanya transfer ilmu saja, namun juga mementingkan pendidikan akhlak.

Terlebih. Kementerian Agama Kabupaten Pati juga telah melengkapi standar layanan madrasah agar setiap madrasah memiliki standar dan kualitas yang setara dengan pendidikan sekolah umum.

Jenjang pendidikan di madrasah juga sama persis dengan sekolah umum. Jika di tingkat umum, ada SD (Sekolah Dasar) di madrasah ada MI (Madrasah Ibtidaiyah) jika ditingkat menengah ada SMP (Sekolah Menegah Pertama), di madrasah ada MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan di tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) ada MA (Madrasah Aliyah). (Adv/MA/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed