Hati-hati Kosmestik Bermerkuri, Pemicu Kanker hingga Gangguan Ginjal

Mitrapost.com – Identik dengan kulit putih, banyak wanita mengidamkannya agar semakin tampil cantik. Pelbagai upaya pun dilakukan untuk medapatkan kulit mulus dan putih.

Tak ayal berbagai macam produk kosmetik pun dicoba. Hingga bermunculan produk kecantikan yang mengiming-imingi mendapat kulit putih secara instan.

Baca juga: Polda Jateng Gelar Operasi Gabungan Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan

Parahnya, beredar kosmetik yang menggunakan bahan kimia berbahaya seperti halnya senyawa merkuri.

Menghimpun Kompas.com, menurut Kepala Badan POM Indonesia, Dr Penny K Lukito MCP menegaskan, produk kosmetik bermerkuri dapat berdampak jangka pendek hingga jangka panjang.

Baca juga: Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Pada jangka pendek, penggunaan kosmetik bermerkuri umumnya menimbulkan efek samping sesaat setelah digunakan pada kulit yang sensitif.

Baca Juga :   Pentingnya Penggunaan Tabir Surya saat Beraktivitas

Sedangkan, untuk jangka panjang tidak hanya berisiko merusak wajah namun juga bisa memicu beragam penyakit berbahaya seperti, kanker kulit, gangguan janin, gangguan saraf, gangguan ginjal, hingga emboli paru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati