oleh

Hati-hati Kosmestik Bermerkuri, Pemicu Kanker hingga Gangguan Ginjal

Mitrapost.com – Identik dengan kulit putih, banyak wanita mengidamkannya agar semakin tampil cantik. Pelbagai upaya pun dilakukan untuk medapatkan kulit mulus dan putih.

Tak ayal berbagai macam produk kosmetik pun dicoba. Hingga bermunculan produk kecantikan yang mengiming-imingi mendapat kulit putih secara instan.

Baca juga: Polda Jateng Gelar Operasi Gabungan Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan

Parahnya, beredar kosmetik yang menggunakan bahan kimia berbahaya seperti halnya senyawa merkuri.

Menghimpun Kompas.com, menurut Kepala Badan POM Indonesia, Dr Penny K Lukito MCP menegaskan, produk kosmetik bermerkuri dapat berdampak jangka pendek hingga jangka panjang.

Baca juga: Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Pada jangka pendek, penggunaan kosmetik bermerkuri umumnya menimbulkan efek samping sesaat setelah digunakan pada kulit yang sensitif.

Sedangkan, untuk jangka panjang tidak hanya berisiko merusak wajah namun juga bisa memicu beragam penyakit berbahaya seperti, kanker kulit, gangguan janin, gangguan saraf, gangguan ginjal, hingga emboli paru.

Baca juga: 5 Manfaat Liburan Untuk Kesahatan Mental

Merkuri merupakan suatu logam yang berbentuk cair dan hanya menguap di suhu tinggi minimal 375 celcius, serta berwarna silver. Umumnya, logam merkuri ini terdapat dipertambangan, bebatuan, polusi udara, yang saat ini sering disalahgunakan sebagai salah satu bahan tambahan untuk produk kosmetik, terutama dengan tujuan supaya penggunaan produk itu bisa membuat cepat putih.

Penambahan merkuri pada produk kosmetik tidak lepas dari persepsi yang ada di masyarakat sendiri tentang kulit putih dianggap menjadi tolok ukur cantik.

Padahal seharusnya orang Indonesia dengan warna kulit yang beragam dapat menerima itu sebagai sesuatu yang harus disyukuri.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebookinstagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed