Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Mitrapost.com – Banyak masakan Indonesia yang berasal dari olahan kacang merah seperti sup kacang merah, es kacang merah, dan masih banyak lainnya. Kandungan utama kacang merah kaya akan karbohidrat, serat, serta protein.

Sedangkan kandungan lemak dalam legum ini relatif rendah, yakni hanya 0,5 gram untuk setiap 100 gram kacang merah.

Baca juga: Manfaat Rebung yang Patut Kamu Ketahui

Berikut ini manfaat masing-masing kandungan yang terdapat pada kacang merah.

  1. Karbohidrat

Kacang merah utamanya tersusun atas pati. Legum ini mengandung amilosa yang tinggi. Amilosa merupakan jenis pati yang dicerna lebih lama oleh tubuh – sehingga akan lebih lambat dalam memicu kenaikan gula darah  dibandingkan dengan jenis pati lainnya.

Baca Juga :   Kenali Depresi Anak, Begini Cara Atasinya

Baca juga: Tips Memotong Bawang Agar Peroleh Manfaat yang Maksimal

Fakta ini membuat kacang merah cocok untuk penderita diabetes tipe 2. Kacang merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merujuk pada seberapa cepat sebuah makanan berefek pada lonjakan gula darah setelah dikonsumsi. Semakin rendah indeks glikemik, cenderung semakin positif pula untuk menjaga kadar gula darah.

  1. Kandungan serat dan pati resisten

Kacang merah juga mengandung serat dengan kadar yang mengesankan. Salah satu jenis serat dalam kacang merah yakni alfa-galaktosida. Sayangnya, sebagian orang berisiko mengalami diare dan perut kembung setelah mengonsumsi alfa-galaktosida.