oleh

PSBB Jilid 2 di Jakarta Diprediksi Tak Berimbas Pada Sektor Ternak di Pati

Pati, Mitrapost.com Jakarta sudah menerapkan PSBB Jilid kedua. Namun Dinas Pertanian Kabupaten Pati mengungkapkan, PSBB lanjutan ini tidak akan berimbas signifikan terhadap harga bahan ternak di Pati.

“Secara umum untuk suplai peternakan dapat dikatakan aman. Bukan hanya Pati, tapi dari statemen pejabat juga aman. Ini masa-masa kebangkitan petani karena tidak ada dampak kepada produksi,” kata Kepala Dinas Pertanian Pati Muchtar Efendi kepada Mitrapost.com, Kamis (17/9/2020).

PSBB jilid pertama di Jakarta lalu berimbas pada anjloknya harga bahan ternak terutama telur dan daging ayam. Pasalnya stok daging di daerah tidak dapat dikirimkan ke daerah PSBB yang notabene konsumen terbesar.

“Cuma kadang awal dulu ada lockdown aktifitas ekonomi peternakan terhenti tidak ada permintaan pasar. Padahal stok peternak banyak,” imbuh Efendi.

Baca juga: Mengenal Seitan, Daging Para Vegetarian

Secara spesifik Efendi menjelaskan, harga daging ayam dan daging sapi yang riskan anjlok hingga saat ini masih aman.

“Khususnya harga daging ayam, kalau ditingkat peternak kandang 15 ribu per kilo bobot hidup, sedangkan kondisi sekarang ayam pedaging rata-rata 30 ribu di pasar. Rantai tata niaga standar,” urainya

“Daging sapi masih stabil 105 ribu, kalau secara umum pertanian tidak ada dampak di aspek budaya dan produksi. Peternak tetap jalan,” imbuhnya. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed