oleh

Kuliner Mangut Kepala Manyung Khas Pati, Istimewa Hingga Luar Kota

Pati, Mitrapost.com Salah satu kuliner khas Kabupaten Pati adalah masakan mangut kepala manyung. Kuliner ini sangat digemari dan mudah ditemukan di wilayah Bumi Mina Tani, terutama di daerah Kecamatan Juwana dan Batangan.

Kuliner mangut kepala manyung salah satunya bisa ditemui di warung makan milik Bu Fatonah yang berada di Desa Raci, Kecamatan Batangan. Warung ini persis di tepian jalan raya. Ancer-ancernya mudah sekali karena berada tepat di bawah tower telekomunikasi.

Menurut Agus, salah satu penikmat masakan mangut kepala manyung ini, keistimewaan dari kuliner ini adalah rasa ikan asapnya yang khas serta sensasi pedas yang membuat ketagihan. Baginya ada sensasi tersendiri saat neteli dan nyesepi bagian demi bagian kepala ikan laut itu.

“Saat menyantap kepala manyung, dagingnya lebih gurih di bagian kepala terutama pada tetelan-tetelan seperti otak ikan. Saya paling suka terutama saat neteli jeroan kepala manyungnya. Selain itu bagian kulitnya juga enak,” jelasnya, Sabtu (19/9/2020).

Baca juga: Soto Kemiri, Sajian Kuliner Khas Pati

Sementara Bu Fatonah, pemilik warung, mengaku sudah menjual kuliner mangut kepala manyung sejak 2008 lalu. Kepala manyung bahkan menjadi menu spesialnya. Tak kurang 100 porsi kepala manyung bermacam ukuran selalu ludes terjual.

“Ada tiga ukuran kepala manyung yang kami jual. Mulai yang kecil dengan harga Rp30 ribu hingga yang paling besar seharga Rp50 ribu,” urainya.

Fatonah juga mengaku kalau warung makannya selalu dipenuhi dengan pengunjung yang silih berganti. Selain ada pengunjung baru juga ada pengunjung langganan.

“Biasanya jam-jam makan siang, antara pukul 11.00 hingga pukul 14.00, warung sangat ramai pengunjung. Mereka datang dari berbagai tempat. Mulai dari Pati sendiri hingga dari luar kota,” imbuhnya.

Selain menjual di warung, perempuan asli Desa Raci ini juga melayani pesanan. Bahkan hingga luar kota. Beberapa waktu yang lalu, Fatonah juga mengirim masakan mangut kepala manyung hingga ke Blora.(*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed