oleh

Keluhan Petani Bawang Pati : Ongkos Naik, Harga Jual Turun

Pati, Mitrapost.com – Bertepatan Hari Tani Nasional. Masih banyak PR bagi pemangku kebijakan agar para petani dapat menikmati hasil pertaniannya dengan layak.

Salah satu PR tersebut adalah permasalahan yang dirasakan Ibu Prapti dan suaminya, Tiyo. Petani bawang merah asal Desa Langgenharjo, Kecamatan Juwana Kabupaten Pati ini merasa ongkos bertani di musim panas melambung tinggi. Sedangkan harga jualnya ketika panen justru turun drastis.

Pada musim penghujan ladang seluas 1/3 hektar cukup dengan modal Rp 20 juta dengan penghasilan Rp 100 juta.

“(Untung) bersihnya Rp 70 juta. Karena bagi dengan pemilik lahan 8 banding 1. 8 untuk kami dan 1 untuk pemilik lahan,” ujar Prapti saat ditemui Mitrapost.com di ladang garapannya, Minggu (20/9/2020) lalu.

Baca juga : Dewan Pati Minta Perbankan Utamakan Pelayanan Kepada Para Petani

Sedangkan apabila musim panas, ia hanya bisa mendapatkan Rp 35 hingga Rp 45 juta dari ladang garapannya tersebut.

“Kalau musim panas gini biaya bertani bawang merah tinggi. Karena ada biaya tambahan pemasangan lampu untuk mengusir hama dan biaya air,” imbuh suaminya Tiyo.

Menurutnya hal ini terjadi karena harga bawang merah ketika panen hanya berkisar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per kilonya. Sedangkan harga ketika musim penghujan harganya melambung tinggi hingga Rp30 ribu per kilonya.

Padahal masa tanam bawang di musim kemarau lebih lama daripada masa tanam di musim penghujan. Di musim penghujan pihaknya bisa memanen ketika umur tanaman sudah mencapai 50 hari. Sementara di musim kemarau bisa mencapai 60 hari untuk panen.

Meskipun demikian, ia masih bersyukur. Setidaknya di masa pendemi Covid-19 ini, ia masih bisa bekerja dan bisa memperoleh hasil yang lumayan daripada pekerjaan formal yang banyak terdampak Covid-19. (*)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa

Komentar

Berita Terkait