oleh

6 Dusun di Situbondo Terdampak Kekeringan

Situbondo, Mitrapost.com – Kekeringan mulai melanda sejumlah wilayah di Situbondo. Hingga saat ini sudah ada 6 Dusun yang mengalami kekurangan air bersih.

“Sementara ada 3 desa yang sudah menyampaikan permohonan bantuan air bersih. Semua sudah dan terus kita layani,” kata Kepala BPBD Situbondo, Priyo Handoko kepada detikcom, Sabtu (3/10/2020).

Keenam dusun dimaksud berada di tiga Desa di Situbondo. Di antaranya adalah Dusun Polay dan Dusun Bendusa di Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa. Selain itu, Dusun Trebungan Timur, Dusun Krajan, dan Dusun Barat Ledeng di Desa Trebungan Kecamatan Mlandingan. Satu lagi, Dusun Tamansari, Desa/Kecamatan Kendit.

Sejak beberapa hari terakhir, personel BPBD Situbondo secara rutin mengirimkan bantuan air bersih ke tiga desa itu secara bergantian. Pengiriman biasa dilakukan menggunakan truk tangki BPBD Situbondo kapasitas 5.000 liter. Pengiriman dilakukan secara setiap hari, dengan jadwal bergantian tiap desa.

“Pengiriman dilakukan tiap hari, kecuali hari Minggu. Tiga desa itu bergantian setiap harinya,” timpal Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo.

Priyo Handoko menambahkan, distribusi air bersih ke daerah terdampak kekeringan di Situbondo cenderung terlambat dibanding tahun sebelumnya. Biasanya, bulan Agustus atau September sudah mulai ada permintaan. Namun, tahun ini molor karena kondisi desa yang biasa terdampak kekeringan mulai tertata. Ketersediaan tandon air salah satunya.

“Yang jelas, ini hasil koordinasi kita ke kecamatan dan desa. Kita memang baru berkirim surat setelah ada dasar dari BMKG. Tapi semua permohonan langsung kita penuhi. Apalagi sekarang armada tangki BPBP sudah ada 2 unit, jadi bisa lebih cepat,” tandas Priyo Handoko. (FT)

Baca juga :

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul “Kekeringan Mulai Landa Situbondo, Tiga Desa Dikirim Air Bersih.”

Komentar

Berita Terkait