oleh

Pilkades di Pati Direncanakan Bulan Maret 2021

Pati, Mitrapost.com Ketua Komis A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Bambang Susilo mengungkapkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Pati rencananya akan digelar pada bulan Maret 2021.

Hal ini diputuskan setelah pihaknya menggelar rapat kerja bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

“Setelah Rapat Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Pati dengan Bagian Hukum Pemerintahan Pemkab Pati, (Pilkades) itu kemarin direncanakan Maret. Jadwal menunggu lebih lanjut,” ujar Bambang saat ditemui Mitrapost.com di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Jumat (2/10/2020) kemarin.

Sebelumnya, Pilkades akan digelar pada bulan Februari 2021. Namun, karena adanya pandemi Covid-19 pihaknya pesta demokrasi diundur menjadi bulan Maret 2021.

“Dulu kalau ndak salah malah Februari, mengingat ada SK (pejabat sementara) yang sampai April kita ambil tengah-tengah agar pejabat sementaranya tidak terlalu lama,” ungkapnya.

Baca juga: Rencanakan Pilkades 2020, DPRD Kabupaten Purwakarta Studi Banding ke Dewan Pati

Apabila nantinya pada bulan Maret pandemi Covid-19 masih berjalan pihaknya dan Pemkab Pati akan mencari solusi. Apakah digelar di tengah pandemi atau diundur kembali.

Namun, ia berharap tidak ada penundaan jadwal lagi. Mengingat salah satu agenda Pemkab Pati yang besar adalah Pilkades.

“Kalau Maret masih pandemi kita akan bicarakan ke OPD yang terkait. Kalau Maret kondisinya masih seperti ini langkah-langkah apa yang akan dilakukan Pemkab Pati terkait dengan Pilkades,” kata Bambang.

“Semoga saja tidak (diundur). Karena gawe besar yang ada di Kabupaten Pati itu kan Pilkades,” tandasnya.

Pilkades ini akan diikuti sekitar 250-an desa di seluruh Kabupaten Pati. Perhelatan Pilkades di tengah pandemi dinilai rawan menimbulkan klaster baru. Mengingat tahapan-tahapan Pilkades berpotensi mengumpulkan banyak orang. Mulai dari tahapan kampanye hingga pencoblosan. (Adv/UH/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait