Sambangi UMKM Mebel, Ganjar Minta Pemilik Latih Tenaga Rumahan

Semarang, Mitrapost.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi PT INIZIO yang terus berproduksi dan melakukan ekspor selama masa pandemi Covid-19. Kerennya lagi, orderan dari UMKM tersebut malah meningkat nyaris 30 persen.

PT INIZIO merupakan pabrik furniture, spesialisasi furniture outdoor. Seperti kursi pantai, hingga kursi dan meja makan untuk luar ruangan. Semuanya, di desain khusus dan menggunakan bahan lokal.

“Pabrik kita sudah berjalan 15 tahun, 95 persen kita ekspor,” kata Owner UMKM PT INIZIO, Efran kepada Ganjar.

Berkunjung selama kurang lebih 45 menit, Ganjar berkeliling menengok produksi dari furniture outdoor yang bermaterial kayu dan plastik sintetis tersebut. Efran mengatakan, mayoritas pasar dari produknya adalah negara-negara Eropa.

Baca Juga :   Menyongsong Era Industri 4.0, Dewan Pati Sarankan Pelaku UMKM Transisi ke Digital

“Ekspornya 72 persen ke Eropa, 18 persen Amerika, 7 persen Asia dan 3 persennya lagi Afrika. Lokal juga ada, tapi biasanya pesanan khusus hotel-hotel,” katanya.

UMKM tersebut saat ini melibatkan setidaknya 300 karyawan yang berusia sekitar 19-50 tahun. Kebanyakan, merupakan lulusan SMA/SMK. Bahkan, pen-desain furniture juga lulusan SMK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati