oleh

Berpegang Pada 4 Pilar, Program Koin NU Beri Uluran Tangan kepada Warga Pati

Pati, Mitrapost.com Sejak launching pada Januari 2020, gerakan Koin NU telah menyalurkan bantuan senilai Rp5 miliar kepada masyarakat se-Kabupaten Pati.

“Launching di Januari, artinya baru 10 bulanan ini kita salurkan secara rutin untuk kegiatan sudah tersalur ada 5 miliar se Kabupaten pati,” ujar Ketua PCNU Yusuf Hasyim saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, penyaluran bantuan diprioritaskan berdasarkan empat pilar. Yakni pilar sosial yang diwujudkan dalam bentuk santunan yatim duafa.

Pilar kedua yakni pilar pendidikan, untuk membantu warga NU yang terkendala dengan biaya dan operasional pendidikan. Pilar ketiga yakni kesehatan, diwujudkan dengan bantuan dana berobat bagi warga NU yang tidak mendapat jaminan kesehatan apapun. Serta pilar keempat adalah bencana alam, yakni untuk membantu korban bencana alam.

“Sisanya bisa juga untuk ekonomi dan pengembangan usaha,” imbuh Yusuf.

Baca juga: Petani Komunitas 3GO Pati Bagikan Hasil Panen ke Yatim Piatu Duafa

Menariknya, uang bantuan dari program Koin NU bisa dikelola oleh ranting NU di tingkat desa namun tetap dimonitor oleh PCNU di tingkat kota.

“Dari dana Koin NU langsung 70% masuk ke ranting (desa) dikelola oleh Lazis NU. Yang 25 % ke MWCNU (tingkat kecamatan), dan 5% ke PCNU (tingkat kota). Sistemnya piramida, jadi yang diatas kecil yang bawah banyak,” terang Yusuf.

Dengan sistem ini, diakui Yusuf menambah antusiasme warga untuk berpartisipasi dalam program Koin NU.

“Di tingkat desa mereka merasakan misalkan ada warga yang meninggal dunia bisa untuk membeli perlengkapan jenazah, itu dicukupi dari situ bisa,” urai Yusuf. (*)

Sedekah: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait