oleh

Komisi D Dorong Pemkab Percepat Pembangunan Laboratorium PCR di Pati

Pati, Mitrapost.com Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mempercepat pembangunan laboratorium PCR.

“Kami Komisi D mendorong untuk mempercepat prosesnya (pembangunan laboratorium PCR),” ujar anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati Muntamah kepada Mitrapost.com, belum lama ini.

Hal ini perlu dilakukan agar Kabupaten Pati dapat menguji sample spesimen warga yang terindikasi terinfeksi virus corona. Serta dapat mempercepat proses penanganan pasien positif Covid-19.

Selain itu dengan mempunyai laboratorium sendiri, Kabupaten Pati juga dapat melakukan screening warga dengan cepat.

“Kami Komisi D mendorong (adanya Laboratorium PCR) itu untuk mempercepat tes. Tes Swab itu kan kalau tidak punya laboratorium sendiri kan dibawa ke rumah sakit yang mempunyai laboratorium, sehingga memakan waktu,” kata Muntamah.

Baca juga: Pemkab Berencana Bangun Laboratorium Covid-19, Dewan Pati Harap Segera Terealisasikan

“Kalau punya laboratorium sendiri itu kan bisa mempercepat proses. Sehingga pasien-pasien yang positif itu bisa ditangani. Kalau yang tidak (positif) segera dikembalikan ke rumahnya, karena karantina ini kan menjadi beban moral yang luar biasa,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pati Haryanto berharap laboratorium yang akan ditempatkan di RSUD RAA Soewondo ini dapat digunakan pada pertengahan bulan ini.

“Kita sudah proses InsyaAllah nanti kita sudah pengadaan alatnya. Mudah-mudah pertengahan (bulan) ini bisa operasional agar dapat menunjang percepatan penanganan,” kata Haryanto.

Laboratorium ini nantinya dapat menguji spesimen sebanyak 200 setiap harinya. (Adv/UH/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed