Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia di Tengah Pandemi

Mitrapost.comHari ini, 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia, yang ke 28. Pada tahun 2020 ini, Hari Kesehatan Mental Sedunia mengangkat tema investasi kesehatan mental.

Dikutip dari Wikipedia, Hari Kesehatan Mental Sedunia dirayakan untuk pertama kalinya pada 10 Oktober 1992 atas kegiatan tahunan Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental (WFMH) oleh Wakil Sekretaris Jenderal Richard Hunter.

Awalnya tujuan peringatan ini untuk mempromosikan advokasi kesehatan mentak dan mendidik publik tentang isu-isu yang relevan.

Pada tahun 1994 Hari Kesehatan Mental Sedunia dirayakan dengan tema “Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia” untuk pertama kalinya atas saran dari Sekretaris Jenderal Eugene Brody.

Hari Kesehatan Mental Sedunia didukung oleh WHO melalui peningkatan kesadaran tentang masalah kesehatan mental menggunakan hubungan yang kuat dengan Kementerian Kesehatan dan organisasi masyarakat sipil di seluruh dunia. WHO juga mendukung pengembangan materi teknis dan komunikasi.