oleh

Senyawa Ekstrak Kulit Manggis Bisa Menangkal Covid-19, Benarkah?

Mitrapost.com – Manggis diketahui memiliki banyak khasiat. Bahkan, kulit manggis digadang-gadang mampu mengobati segala macam penyakit kronis.

Banyak orang memanfaatkan kulit manggis untuk pengobatan herbal. Mulai dari dikeringkan lalu diseduh dengan air hangat, hingga dibuat ekstrak dan diracik seperti halnya obat pada umumnya.

Baca juga: Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia di Tengah Pandemi

Mengutip Tempo.co, baru-baru ini diketahui, Dosen dan Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan penelitian terhadap senyawa ekstrak kulit manggis. Penelitian tersebut menunjukkan adanya aktivasi antivirus terhadap sebuah protein pada virus SARS-CoV-2.

Penelitian tersebut dilakukan menggunakan metode komputasi dengan modifikasi senyawa. Mereka memodifikasi senyawa alfa mangostin untuk memperbaiki sifat-sifatnya yang kemudian dinamakan senyawa FKS9.

Wakil Dekan Fakultas Farmasi Unpad, Muchtaridi mengungkap pihaknya bakal gelar uji laboratorium menggunakan reseptor dari virus Corona.

Baca juga: Kasus Baru, Pasien Covid-19 Alami Gangguan Pendengaran

Saat ini dikabarkan, pihaknya tengah memesan isolat reseptor atau protein target virus Corona dari Cina. Jenis protein yang digunakan adalah protein MPro yang menjadi pembelah utama dari dua polyprotein yang saling tumpeng tindih hingga menjadi 16 protein struktural dan non-struktural.

Rencananya, senyawa alfa mangostin yang terdapat pada ekstra kulit manggis akan digunakan untuk mencegah infeksi virus dalam tubuh. Senyawa ini mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Ia mengklaim, sifat tersebut mampu mengatasi serangan dari virus.

Baca juga: Pasar Pringapus Semarang Ditutup, 1 Pedagang Kain Meninggal Probable Covid-19

Selain itu, menurut laman Unpad hasil isolasi kulit buah manggis ini memiliki aktivitas antivirus yang mirip dengan Nelfinavir. Obat anti-HIV itu ikut digunakan untuk mengobati pasien Covid-19. Aktivitas Nelfinavir pada SARS-CoV-2 berperan menghambat pertumbuhan virus.

Penelitian ini awalnya digarap oleh tim mahasiswa yang melibatkan mahasiswa Pendidikan Dokter Unpad. Hasil studi itu menjadi kampiun di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Online Tingkat Nasional 2020 pada kategori Kesehatan dan Medis yang digelar Universitas Brawijaya pada Mei-September lalu. (AZ)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Artikel ini telah tayang di Tempo.co dengan judul “Peneliti Unpad Riset Senyawa Ekstrak Kulit Manggis, Berpotensi Tangkal Covid-19

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed