oleh

Ujicoba Lancar, Disdik Blora Tambah Jam Pembelajaran Secara Tatap Muka

Blora, Mitrapost.com Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menilai pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di sejumlah sekolah berjalan lancar. Bahkan dalam progresnya, jam tatap muka akan ditingkatkan menjadi tiga kali dalam seminggu.

“Pembelajarannya berjalan lancar, bahkan akan ditingkatkan dari dua kali menjadi tiga kali dalam satu minggu tatap muka. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” terang Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Endang Rukmiati di Blora, Jumat (16/10/2020).

Ia menyebut bahwa proses pembelajaran secara tatap muka mendapat dukungan para orang tua murid dan dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Uji coba pembelajaran tatap muka pada masa pandemi Covid-19 dimulai awal September 2020. Enam sekolah yang diizinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka yakni SMPN 2 Tunjungan, SMPN 2 Kedungtuban dan SMPN 1 Menden.

Kemudian, SDN 1 Nglebak Kecamatan Kradenan, SDN 1 Gandu Kecamatan Bogorejo dan SDN 1 Ledok Kecamatan Sambong.

Baca juga: Disdik Blora Tetapkan 5 Sekolah Jadi Pilot Project Pembelajaran Tatap Muka

Sementara itu, di sejumlah wilayah pinggiran yang tidak terjangkau akses internet akan dilakukan pemasangan tower untuk menunjang sinyal internet.

“Untuk mengantisipasi selama Covid-19 ini dilakukan pembelajaran secara luring atau luar jaringan di daerah yang susah terjangkau jaringan internet. Seperti di Alas Malang, Kecamatan Jati dan beberapa wilayah di Kecamatan Kradenan,” tambahnya.

Pembelajaran secara luring, lanjutnya, antara lain guru berkunjung ke rumah siswa, dengan pertemuan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, disadari bahwa tidak semua siswa di wilayah pinggiran khususnya, belum mempunyai telepon pintar (android). Beberapa siswa masih menggunakan milik orang tua mereka.

Hingga sekarang ini pihaknya belum membuka pembelajaran tatap muka secara menyeluruh bagi sekolah (SD/SMP) di Blora karena situasinya belum aman Covid-19. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed