oleh

Bupati Pati Larang Guru Beri Tugas yang Memperberat Siswa

Pati, Mitrapost.com Bupati Kabupaten Pati Haryanto melarang guru memberikan banyak tugas kepada siswa-siswanya. Menurutnya banyaknya tugas ini tidak membuat siswa didik paham, melainkan membuat siswa merasa terbebani.

Ia mengaku sudah menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk memerintahkan para guru agar tidak terlalu banyak membebani kepada siswa dengan tugas-tugas.

Haryanto tak melarang para guru memberikan tugas kepada para siswanya. Namun, ia meminta tugas itu memudahkan siswa dalam memahami pembelarajan. Bukan sebaliknya.

“Jangan membebani siswa. Boleh dengan tugas tapi jangan membebani,” ujar Haryanto dalam Rapat Koordinasi dengan kepala sekolah se-Kabupaten Pati yang digelar secara daring, Kamis (22/10/2020) lalu.

Baca juga: Ujicoba Lancar, Disdik Blora Tambah Jam Pembelajaran Secara Tatap Muka

“Berilah tugas-tugas baik yang ada di SD, SMP, SMA/SMK yang ndak memberatkan dan menjadikan beban,” lanjut Haryanto

Menurut Haryanto dengan beban tugas yang banyak, imunitas tubuh siswa akan semakin turun dan hal tersebut dapat membuat siswa rentan terkena virus corona.

Haryanto menceritakan, beberapa waktu lalu ada murid dari sekolah swasta yang lapor kepadanya bahwa gurunya memberikan tugas yang banyak.

“Kemudian saya bilang, pak ini kan pandemi Covid-19 jangan malah bebannya semakin banyak dan imunitas malah turun,” tutur Haryanto

Selain itu, tugas yang banyak ini juga diniali tak efektif karena dalam kasus yang diperolehnya, yang mengerjakan tugas-tugas ini malahan orang tua siswa.

“Ada ini malah yang belajar orang tuanya. Ada yang nyambung dan ada yang ndak nyambung,” ungkap Haryanto.

Haryanto pun meminta para tenaga pendidik untuk mengunakan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang efektif dan tidak memberatkan siswa.

“Coba itu dibikin pembelajaran yang mengena tapi ndak memberatkan,” minta Haryanto. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait