oleh

Jasa Raharja Prediksi Aplikasi Samolnas Dilaunching Tahun Depan

Pati, Mitrapost.com – Muhammad Hasbi, Humas Jasa Raharja Persero Kabupaten Pati memaparkan, secara Nasional ada 30% kendaraan bermotor yang tidak dibayarkan pajaknya. Pada pemilik kendaraan diasumsikan malas membayarkan pajak motor lama lantaran rumitnya prosedur pembayaran di Samsat.

Pemerintah akan meluncurkan Samolnas (Samsat Online Nasional) atau sistem pembayaran pajak bermotor secara online untuk meminimalisir hal tersebut.

Baca juga: Jasa Raharja Pati Mengalami Penurunan Penerimaan dan Klaim Selama Pandemi

Hasbi menambahkan aplikasi Samolnas saat ini sedang masa uji coba, dan direncanakan akan diluncurkan secara nasional tahun 2021 mendatang.

“Ini sudah diuji coba di beberapa provinsi. Jadi misal buka Samolnas, nanti bisa perpanjangan dari situ. Ini baru dirancang pembina nasional, Jasaraharja dan Kemendagri. Bentuknya aplikasi seperti Sakpole (aplikasi bayar pajak bermotor) provinsi Jawa Tengah,” katanya kepada Mitrapost.com saat ditemui di Kantor Jasa Raharja kemarin.

Samolnas menawarkan beberapa kemudahan, salah satunya para pemilik kendaraan bermotor nantinya tak harus datang ke kantor Samsat atau Samsat keliling dan mengantri untuk membayar pajak. Pembayaran dapat dilakukan di ATM Bank bahkan di retail-retail perbelanjaan modern seperti Alfamart dan Indomaret.

Baca juga: Video : Pacu Kreativitias Milenial, Jasa Raharja Gelar Ajang Creative Video Competition

Masih diuji cobakan, saat ini pemerintah sedang merancang terkait besaran tarif pembayaran pajak kendaraan bermotor secara nasional, tak bisa terburu-buru lantaran behubungan dengan pendapatan asli daerah dari sektor pajak.

“PKB (pajak kendaraan bermotor) nanti masuknya PAD ke provinsi, nanti kalau plat B dibayar di Jawa Tengah nanti kombinasi tarifnya bagaimana, Nanti akan dibuat lebih simpel harapannya seperti itu,” pungkas Hasbi. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

News Feed