oleh

Diharapkan Cepat Tangani Covid-19, Laboratorium PCR Pati Terkendala Perizinan

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berharap adanya Laboratorium PCR di Pati dapat mempercepat penanganan Covid-19.

“Dengan adanya laboratorium PCR di Pati agar cepat menanganinya. Jadi penyebaran (virus corona) bisa terkendali,” ujar Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Bambang Susilo, pekan lalu.

“Kalau kemarin (sebelum adanya Laboratorium PCR) itu kan menunggu 4 hari, satu minggu, jadi sudah menulari ratusan orang. Jadi kita harapkan satu hari hasilnya sudah ketahuan,” tuturnya.

Namun, harapan tersebut belum bisa terwujud untuk sementara waktu. Hal ini karena izin secara tertulis dari Kementrian Kesehatan belum kunjung turun. Sedangkan izin pengoprasional berinduk pada izin operasional rumah sakit.

Baca juga: Punya Laboratorium PCR, RSUD Soewondo Pati Tambah Ruang Isolasi

Hal ini mengakibatkan laboratorium untuk menguji spesimen virus corona ini belum dapat digunakan secara maksimal. Bahkan laboratorium ini hanya dioperasionalkan selama dua hari dalam sepekan, yakni hari Senin dan Kamis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Edy Siswanto berharap izin operasional ini bisa segera keluar. Meskipun demikian, ia mengaku laboratorium ini dapat digunakan oleh seluruh rumah sakit di Kabupaten Pati untuk mengetes sampel dari tes swab.

“Bisa digunakan. Tapi memang tidak terdaftar secara nasional. Kalau sudah ada izinnya nanti terdata di pusat,” ujarnya saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Rabu (12/11/2020) kemarin. (Adv/UH/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait