oleh

Tahun Depan, Penjualan BBM Jenis Premium Akan Dihapus

Jakarta, Mitrapost.com Bahan bakar minyak (BBM) jenis premium bakal dihapuskan di Jawa, Madura dan Bali. Peraturan ini akan berlaku mulai awal Januari 2021 mendatang.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) MR Karliansyah menyebutkan wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali) menjadi permulaan pemberlakuan peraturan tersebut dan dilanjutkan ke kota-kota lainnya.

“Syukur Alhamdulillah, Senin malam yang lalu saya bertemu dengan Direktur Operasi Pertamina, beliau menyampaikan per 1 Januari 2021, Premium di Jamali khususnya itu akan dihilangkan. Kemudian menyusul kota-kota lainnya di Indonesia,” ujar Karliansyah dalam webinar yang tayang di YouTube YLKI ID, Jumat (13/11/2020).

Dia menjelaskan pemerintah berkomitmen untuk mengendalikan pencemaran dari kendaraan bermotor. Komitmen itu dituangkan ke dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N, dan Kategori O.

“Pemerintah berkomitmen untuk mengendalikan pencemaran dari kendaraan bermotor ini,” sebutnya.

Baca juga: Ini Efek Positif Pandemi Bagi Lingkungan di Pati

Menurutnya, keberhasilan kebijakan tersebut sangat bergantung kepada ketersediaan bahan bakar ramah lingkungan di masyarakat.

Sementara berdasarkan data yang dia paparkan, mayoritas masyarakat masih menggunakan premium yang tingkat pencemarannya tinggi.

“Data penjualan bensin masih menunjukkan Premium dan Pertalite yang mempunyai angka RON di bawah 91 masih mendominasi penggunaan BBM di masyarakat. Premium memiliki angka RON 88 masih mendominasi 55% penjualan bensin,” tambahnya. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Perhatian! Premium di Jawa dan Bali Bakal Hilang Mulai 2021‘.

Komentar

Berita Terkait