oleh

Tak Hanya Sepakbola, Stadion Joyo Kusumo Pati Juga akan Dilengkapi Fasilitas lain

Pati, Mitrapost.com Selain untuk sepakbola, Stadion Joyo Kusumo Pati juga akan dilengkapi beberapa fasilitas olahraga lain.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kabupaten Pati Haryanto saat meninjau renovasi Stadion Joyo Kusumo bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati Suharyono dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Ahmad Faisal pada pekan lalu.

“Fasilitas lain yang dipersiapkan sebagai tuan rumah Porprov antara lain sarpras atletik, sepatu roda,” ujar Haryanto.

Selain itu, nantinya stadion juga akan dipasang lampu dan tribun penonton akan ditambah di sisi utara. Sehingga Persipa Pati dapat berlaga di malam hari dan Patifosi, suporter Persipa, dapat melihat tim kesayangannya bertanding.

Baca juga: Pembangunan Rumput Stadion Joyo Kusumo Pati Rampung, Telan Rp 8 Miliar

Untuk mewujudkan fasilitas itu, pihaknya memerlukan dana yang besar dan memerlukan waktu.

“Anggarannya masih banyak yang belum terealisasi karena adanya refocusing pada tahun anggaran 2020.  Rencananya dibutuhkan anggaran Rp20 miliar, namun baru terealisasi sebesar Rp8 miliar,” katanya.

“Lampunya saja belum, membutuhkan anggarannya Rp13  miliar (untuk lampu). Besok (tahun depan) itu Rp16 miliar dipakai untuk lintasan,” lanjut Haryanto.

Baca juga: Renovasi Stadion Joyo Kusumo di Tengah Pandemi, Upaya Mendukung Cabang Olahraga Pati

Saat ini, stadion Joyo Kusumo  yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Pati, telah merampungkan penggantian rumput dan sebagian lintasan lari. Sebelumnya rumput untuk di stadion ini menggunakan rumput alami dan sekarang diganti menjadi rumput sintetis.

Kepala DPUTR Ahmad Faisal mengaku kualitas rumput ini sudah memenuhi standar pertandingan sepakbola. Pihaknya bahkan telah melakukan studi banding hingga ke Jakarta untuk menentukan jenis rumput buatan ini.

“Ini sudah studi ke beberapa daerah bahkan ke Jakarta. Banyak yang menggunakan (rumput) ini karena perawatannya lebih mudah. Mudah-mudahan paling tidak bisa memfasilitasi para pecinta olahraga, khususnya sepakbola,” tutur Faisal. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait