oleh

Ini Cara Cegah Covid-19 dalam Ujian Perangkat Desa di Pati

Pati, Mitrapost.com Pemerintah Kabupaten Pati melalui panitia penyelenggara ujian pengisian perangkat desa menggandeng Dinas Kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal ini mengingat peserta ujian hampir mencapai 1.000 orang yang berasal dari berbagai daerah.

Ujian Perangkat Desa 2020 yang diselenggarakan hari ini, Sabtu (21/11/2020) dilaksanakan di SMP N 1 Pati, SMP N 2 Pati, SMP N 3 Pati, SMP N 4 Pati dan SMP N 7 Pati.

BPKAD Pati

Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinkes Kabupaten Pati Joko Santoso mengatakan pihaknya memverifikasi data kesehatan para peserta ujian perangkat desa.

“Dari tim kesehatan memverifikasi data-data kesehatan. Semua peserta yang masuk ujian tertulis ini di-rapid test semua,” ujar Joko saat ditemui Mitrapost.com di SMP N 1 Pati, Sabtu (21/11/2020).

Apabila ada peserta yang dinyatakan reaktif akan ditempatkan di ruangan berbeda dengan peserta yang non reaktif.

“Misalnya ada yang reaktif, baik itu IGG atau IGM, itu kita tempatkan di ruangan khusus, berbeda dengan peserta lainnya,” jelasnya.

Baca juga: Peserta Ujian Perangkat Desa di Pati Diikuti Warga Pati Hingga Bekasi

Sebelumnya, para peserta ujian perangkat desa diwajibkan mengikuti rapid test sebagai syarat mengikuti ujian. Ia mengungkapkan peserta ujian di SMP N 1 Pati yang reaktif Covid-19 ada 4.

Meskipun ditempatkan di ruangan yang berbeda, katanya, para peserta ini mempunyai hak dan kewajibannya sama.

“Baik itu reaktif maupun non reaktif hak dan kewajibannya sama. Tetap bisa mengikuti tes dengan baik,” tuturnya.

Pihaknya juga telah melakukan rapid test kepada para pengawas. “Kalau untuk pengawasan sudah kita rapid di Dinas Kesehatan, kurang lebih ada 130-an orang. Semua pengawas non reaktif semua,” ucapnya.

Selain itu, demi mencegah penyebaran virus corona setiap ruangan juga dibatasi sebanyak 20 peserta. Sedangkan tempat-tempat yang digunakan untuk ujian juga telah disemprot dengan disinfektan. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait