oleh

Jaga Kesehatan di Masa Pandemi, Bercocok Tanam Menjadi Solusi

Mitrapost.com – Bercocok tanam menjadi pilihan orang di masa pandemi COVID-19. Di perkotaan, istilah urban farming atau konsep berkebun yang memanfaatkan ruang di rumah atau pemukiman perlahan sedang tren.

Dari sisi kesehatan, selain sebagai cara menghabiskan waktu di rumah, kegiatan ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda, salah satunya untuk melawan penyakit.

Baca juga: Video : 5 Manfaat Oatmeal Untuk Perawatan Kecantikan

Berikut manfaat bercocok tanam bagi kesehatan:

  1. Lawan penyakit

Saat Anda berada di luar rumah dan terpapar sinar matahari, kulit Anda menggunakan sinar matahari untuk vitamin D. Para peneliti memperkirakan, setengah jam di bawah sinar matahari dapat menghasilkan antara 8.000 dan 50.000 unit internasional (IU) vitamin D dalam tubuh.

Vitamin D sendiri memiliki sederet manfaat untuk tubuh antara lain memperkuat tulang dan sistem kekebalan Anda. Berbagai studi juga menunjukkan, berada di bawah sinar matahari dapat membantu menurunkan risiko berbagai kanker seperti payudara, kolorektal, kandung kemih, dan prostat.

Baca juga: Pelihara Ikan Hias Bisa Atasi Stres, Mengapa Demikian?

Jika kadar vitamin D Anda rendah, maka Anda memiliki risiko lebih besar terkena serangan psoriasis, sindrom metabolik (kondisi pradiabetes), diabetes tipe II, dan bahkan demensia.

Komentar

Berita Terkait