oleh

Tanggul Jebol di Sunggingwarno Perparah Luapan Air di Kecamatan Gabus

Pati, Mitrapost.com – Cuaca ekstrim dampak La Nina sebabkan curah hujan tinggi selama seminggu terakhir. Salah satu imbasnya, tanggul air di Desa Sunggingwarno Kecamatan Gabus Kabupaten Pati jebol lantaran tak bisa menahan volume air.

Selain beberapa rumah warga, area publik termasuk makam dan TPQ setempat terendam air. Puluhan hektar sawah juga terlihat kebanjiran sehingga para petani terancam gagal tanam.

Baca juga: 96 Hektar Sawah dan Beberapa Rumah di Desa Tanjang Pati Kebanjiran

Lutfi (28), warga sekitar mengatakan tanggul sudah terlihat tak mampu menahan air sekitar hari Senin (07/12), hingga mencapai puncaknya  sekitar Kamis (11/12) pukul 16.00 WIB tanggul tersebut jebol.

“Kalau tanggulnya ya Senin atau Selasa sudah terasa. Hampir seminggu lah. Nah kemarin sore jebol,” kata Lutfi kepada Mitrapost.com, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Video : Nahkodai PMI Pati 3 Periode, Haryanto: Saya Ndak Pernah Bawa Duit

Hingga berita ini dibuat, banjir berangsur surut meski belum sepenuhnya. Terlihat beberapa warga mencoba mengeluarkan air dari dalam rumah dengan alat seadanya. Sedangkan para petani belum beraktivitas.

Selain menggenangi Desa Sunggingwarno, diketahui luapan air dari tanggul ini juga memperparah luapan air di beberapa desa landai di Gabus seperti Banjarsari dan Tanjang.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait