oleh

Manfaat Buah Nangka, Bisa Jaga Gula Darah

Mitrapost.com – Nangka bukan lagi buah yang asing bagi masyarakat Indonesia. Buah ini banyak dijumpai di kawasan dataran tinggi. Selain dikonsumsi layaknya buah-buahan lainnya, Nangka muda juga bisa diolah dengan berbagai jenis olahan sayur.

Kandungan nutrisi dalam nagka juga tak bisa disepelekan. Kandungan serat dalam nangka cukup tinggi. Dalam 100 gram nangka mengandung sekitar 3 gram serat, 95 kalori,2 gram protein, dan 0,6 gram lemak. Selain itu kombinasi potasium, serat dan antioksidan bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Susu Almond, Dukung Kesehatan Jantung

Manfaat Buah Nangka

Kandungan glikemis pada nangka tergolong rendah. Mengonsumsi makanan dengan kandungan indeks glikemiks yang tinggi juga terbukti membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, nangka mengandung beberapa protein, yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Nangka juga mengandung antioksidan flavonoid , yang mampu menyeimbangkan kadar gula darah. Efek samping nangka Meski mengonsumsi nangka banyak manfaatnya, beberapa orang dengan kondisi tertentu harus menghindarinya.

Baca juga: Manfaat Berpikir Positif Bagi Hidupmu

Bagi orang yang alergi lateks atau serbuk sari, sebaiknya hindari mengonsumsi nangka. Nangka juga mengandung potasium tinggi, yang bisa berbahaya bagi penderita penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal akut.

Efek samping nangka

Meski mengonsumsi nangka banyak manfaatnya, beberapa orang dengan kondisi tertentu harus menghindarinya. Bagi orang yang alergi lateks atau serbuk sari, sebaiknya hindari mengonsumsi nangka. Nangka juga mengandung potasium tinggi, yang bisa berbahaya bagi penderita penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal akut.

Baca juga: Video : 5 Manfaat Oatmeal Untuk Perawatan Kecantikan

Orang dengan kondisi ini dapat mengalami hiperkalemia jika mengonsumsi banyak kalium. Hiperkalemia adalah penumpukan kalium dalam darah yang dapat menyebabkan kelemahan, kelumpuhan, dan serangan jantung.

Nah, kamu bisa mengonsumsi buah Nangka dengan tidak berlebihan agar tetap aman bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait