oleh

Kulit Glowing Seketika, 5 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

Mitrapost.com – Sejak zaman nenek moyang, air mawar diketahui memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Air hasil penyulingan ekstrak kelopak bunga mawar ini memiliki aroma yang menyegarkan dan mengandung bahan antiseptik mampu merelaksasi kulit.

Selain itu, bahan yang sedang tren ada dalam kandungan skincare ini, mampu meredakan peradangan kulit serta mengandung Vitamin A,C, dan E.

Baca juga: Kaya Lemak Baik, Segudang Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

Berikut ini Mitrapost.com merangkum dari IDN Times, Sabtu (31/10/2020) tentang manfaat air mawar untuk kulit sehat dan cantik.

  1. Sebagai toner yang memberi kelembapan pada wajah

Air mawar dapat berfungsi sebagai toner wajah yang mampu melembabkan dan menyegarkan kulit.

Selain itu, toner dengan kandungan air mawar juga seringkali dimanfaatkan sebagai pereda iritasi akibat jerawat. Hal ini karena air mawar memiliki formula yang dapat membunuh bakteri.

  1. Mengatasi kantung mata atau mata bengkak karena kelelahan

Selain bau yang wangi, air mawar mampu mengatasi masalah pada mata, seperti kantung mata hitam karena kelelahan. Kamu bisa mengompres dengan cara menggunakan kapas yang sudah dibasahi air mawar.

Baca juga: Rasakan Beragam Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Air mawar memiliki efek relaksasi. Karenanya, cara ini akan memberikan ketenangan pada kulit kantung mata.

Namun, hati-hati apabila jenis kulitmu sensitif atau mudah alergi. Hindari penggunaan jika terjadi iritasi dan pastikan kamu menggunakannya sesuai petunjuk pada kemasan produk air mawar.

  1. Memberi efek cerah pada kulit

Manfaat air mawar selanjutnya adalah memberi efek cerah pada kulit. Kandungan vitamin A dan E di dalamnya, bekerja secara aktif untuk eksfoliasi wajah. Dengan begitu, sel-sel kulit mati dapat dengan mudah beregenerasi jadi jaringan sel baru yang lebih kuat.

Baca juga: Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Selain itu, air mawar yang digunakan sebagai minyak esensial mengandung antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas pada kulit dan mencegah pori-pori tersumbat. Inilah kenapa air mawar ampuh membersihkan dan punya efek mencerahkan.

  1. Sebagai setting spray atau makeup remover

Selain dimanfaatkan sebagai toner , manfaat berikutnya adalah untuk pengganti setting spray. Jika makeup mulai luntur, kamu bisa menyemprotkan air mawar yang akan membantu mengembalikan kesegaran wajah.

Selain itu, DIY berupa air mawar dan aloe vera juga bisa dimanfaatkan sebagai facemist yang mengunci makeup kamu. Air mawar pun bisa digunakan sebagai makeup remover lho! Beberapa produk air mawar mampu membersihkan riasan mata tanpa iritasi.

Baca juga: 5 Manfaat Liburan Untuk Kesahatan Mental

  1. Meremajakan kulit

Kandungan antioksidan di dalam air mawar, mampu secara aktif menangkal bakteri serta mencegah penuaan dini. Rutin menggunakan toner air mawar juga dapat mengatasi masalah kulit kusam dan kering.

Kulit pun jadi lebih sehat dan tampak awet muda. Ini karena penggunaan minyak esensial air mawar membantu mencegah munculnya keriput dan garis halus.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait