Manfaat Mengkudu, Mencegah Kanker hingga Menyehatkan Kulit

Mitrapost.com – Mungkin tak banyak orang yang menyukai buah mengkudu. Tak seperti halnya buah-buah yang lainnya, mengkudu memiliki rasa pahit.

Meskipun pahit, Mengkudu atau Morinda citrifolia memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat mengonsumsi mengkudu bagi kesehatan.

Baca juga: Manfaat Buah Nangka, Bisa Jaga Gula Darah

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Kamu bisa membuatnya sebagai jus mengkudu yang dikenal untuk mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Sederhananya, mengkudu memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi. Antioksidan dalam mengkudu melawan stres oksidatif, yang dapat membahayakan neuron.

Baca juga: Kenali Manfaat Belimbing, Kaya akan Vitamin C

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Jus mengkudu dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Kolesterol memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh kamu, tetapi jenis tertentu yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung – seperti peradangan kronis.

Baca Juga :   Cara Alami Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Satu studi menemukan bahwa minum hingga 6,8 ons (188 ml) jus mengkudu per hari selama 1 bulan secara signifikan dapat mengurangi kolesterol total, kadar kolesterol LDL (buruk), dan penanda darah inflamasi C-reactive protein.

Baca juga: Video : 5 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat mengkudu berikutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini tak lain karena mengkudu memiliki sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Mengkudu juga kaya akan asam lemak esensial yang merupakan bahan pembangun lemak dan minyak dalam tubuh. Asam esensial ini meningkatkan fungsi membran sel, sehingga meningkatkan kesehatan kulit.