oleh

Usaha Tambang Tak Berizin Picu Kerusakan Lingkungan

Pati, Mitrapost.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati mengimbau agar pengusaha tambang yang belum berizin mengurusnya di tingkat provinsi untuk meminimalisir kerusakan lingkungan di Kabupaten Pati.

Banyaknya penambang tak berizin bisa memperbesar potensi kerusakan lingkungan pada lahan terbuka. Pasalnya, tambang tak berizin tidak punya kewajiban mengikuti mekanisme standar penambangan.

Baca juga: Petani Tolak Operasi Tambang Pasir di Area Persawahan

Apabila status lahan tambang berizin maka otomatis berkewajiban mengelola lingkungan, mulai dari proses pembukaan lahan hingga mengolah limbah.

Purwadi, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati mengatakan, pihaknya sering mendapat aduan dampak buruk pertambangan material di daerah Pati Selatan.

Baca juga: Video : Siapkan Pra Porprov, Percasi Pati Gelar Seleksi

Misalnya banjir bandang di sepanjang Jalan Kayen – Sukolilo yang datang beberapa waktu lalu disinyalir akibat aktivitas pertambangan ektrim sehingga air tidak bisa tertambat di gunung.

“Di wilayah selatan banyak dilakukan penambangan. Kita berharap pekerjaan dilakukan resmi, harus melalui perizinan perundangan yang berlaku,” kata Purwadi kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Kabupaten Pati Peringkat 2 Pertumbuhan Ekonomi di Tingkat Karisidenan

Sesuai regulasi UU No.23/2014, yang berlaku sejak tahun 2016, perizinan tambang dialihkan melalui tingkat provinsi dan DLH di tingkat daerah bertugas melakukan pengawasan dan pemantauan.

Diakui Purwadi, hingga saat ini DLH secara berkala menyisir tambang-tambang yang tidak berizin untuk memperbaiki administrasinya sehingga bisa disosialisasikan standar operasional tambang.

“Kami masih melakukan pemantauan, yang tidak berizin dan belum, kita perintahkan mengurus kalau bisa memenuhi persyaratan ya bisa diurus. Kalau tidak sesuai dengan peraturan sektoral ya kita berhentikan,” katanya.(*)

Baca juga: 

Tonton video “Siapkan Pra Porprov, Percasi Pati Gelar Seleksi”

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait