oleh

Cegah Klaster Angkutan Umum, Tim Gabungan Lakukan Tes Usap kepada Sopir dan Penumpang

Boyolali, Mitrapost.com Antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Terminal Penggung, puluhan pengemudi angkutan umum atau bus melakukan tes swab.

Tes usap ini diselenggarakan oleh tim gabungan dari Dinas Perhubungan Boyolali, Dinas Kesehatan, polres, dan kodim setempat.

Tak hanya pengemudi, para penumpang yang mempunyai gejala ke arah Covid-19 juga diperiksa.

Kepala Dinas Kesehatan Boyolali Ratri S. Survivalina mengatakan pemeriksaan kesehatan para pengemudi angkutan umum tersebut dilakukan selama empat hari mulai Rabu (16/12/2020) hingga Sabtu (19/12/2020).

Baca juga: Libur Panjang, Balkesmas Gelar Rapid Test Acak di Terminal Kembang Joyo Pati

Selain antisipasi penyebaran Covid-19, katanya, swab massal itu juga mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas, meningkatkan keselamatan berkendaraan, sekaligus mengamankan liburan akhir tahun.

Ratri mengatakan para pengemudi angkutan umum yang melintas tersebut selain menjalani pemeriksaan dengan tes usap juga pemeriksaan kesehatan lain.

“Secara komplit pengemudi angkutan umum itu, selain diberiksan tes usap cepat antigen, juga diukur suhu badannya, tekanan darah, gula darah, dan antisipasi narkoba,” katanya.

Paur Kesehatan Polres Boyolali Intan Sukmawati mengatakan tim gabungan melakukan tes usap terhadap para pengemudi angkutan umum di Terminal Penggung Boyolali selama empat hari mulai Rabu ini hingga 19 Desember mendatang.

“Kami juga melakukan pemantauan para penumpang yang ditemukan mempunyai gejala-gejala Covid-19 dengan pengukuran suhu badan dan cara tes usap cepat antigen, juga untuk tekanan darah, gula darah, dan nakorba,” katanya.

Baca juga: Viral Nenek Ditinggal di Terminal Ponorogo, Kini Minta Diantar ke Yogyakarta

Jika ada pengemudi bus yang ditemukan positif narkoba dari hasil tes urine, kata dia, akan ditindaklanjuti oleh Satuan Narkoba Polres Boyolali dengan pemeriksaan pengembangan.

“Jika ada pengemudi yang positif Covid-19 akan ditangani Satgas Covid-19 yang siap di lokasi untuk menangani, kemudian dipantau jika perlu dirujuk ke RSUD Pandan Arang Boyolali,” katanya. (fp)

Baca juga: Dinkes Targetkan Tes Usap 4 SMP Rembang, Awal Desember Mendatang   

 

Artikel ini telah tayang di Antara Jateng dengan judul ‘Pengemudi bus di Terminal Penggung Boyolali jalani tes usap COVID-19

Komentar

Berita Terkait