Rembang Sabet Penghargaan Kabupaten Inovatif dari Kemendagri

Rembang, Mitrapost.com – Kabupaten Rembang meraih penghargaan sebagai Kabupaten Inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2020 ini. Penghargaan Innovative Government Award (IGA) tersebut diterima oleh Pj Sekda Rembang Edy Supriyanta di hotel Sultan Jakarta, Jum’at (18/12/2020).

Penghargaan yang digagas oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) adalah kegiatan rutin setiap tahun, yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah / Kota atas inovasi yang telah dilakukan.

Baca juga: Video : Kasus Covid-19 Kian Menanjak di Rembang, Pemkab Tambah Bangsal Pasien

Pemberian penghargaan dilakukan secara bergelombang untuk membatasi peserta agar tidak menimbulkan kerumunan dalam situasi pandemi Covid-19. Pemberian penghargaan Innovative Government dibagi menjadi 4 gelombang dengan waktu dan jam yang berbeda. Penyerahaan piala juga dapat disaksikan secara virtual melalui saluran video media sosial yang telah disiapkan.

Baca Juga :   Penyekatan di Perbatasan Rembang-Jatim, 13 Bus Putar Balik

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni, dalam sambutannya mewakili Menteri Dalam Negeri menyampaikan, tingkat partisipasi kegiatan inovasi daerah pada tahun 2020, sebesar 89,3 persen atau setara dengan 484 daerah. Yang terdiri 34 provinsi, 360 pemerintah daerah (kabupaten), dan 90 pemerintah kota.

Baca juga: Menjelang Natal dan Tahun Baru Aktivitas Pasar Rembang Lesu

“Kementerian Dalam Negeri melalui badan penelitian dan pengembangan telah melakukan tahapan penjaringan berupa penginputan data yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap penerapan inovasi daerah yang dilaksanakan oleh daerah secara online sejak tanggal 14 Mei 2020, melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kementerian Dalam Negeri. Aplikasi ini dibuat khusus dalam rangka penilaian indeks penilaian daerah dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak,” kata Agus.

Baca Juga :   Anak Korban Pembunuhan di Rembang Harap Pelaku Dapat Hukuman Setimpal

Jika ditotal, pada tahun 2020 ini terdapat 14.897 inovasi yang terlaporkan, atau meningkat sebesar 85 persen dari tahun 2018 kemarin. Pertumbuhannya meningkat sekitar 8.016 inovasi.

Baca juga: Pembatasan Jam Malam Upaya Tekan Kasus Covid-19 di Rembang

Pj Sekda Rembang Edy Supriyanta saat ditemui di Rembang, Sabtu (19/12/2020) usai menerima penghargaan, mengaku bangga atas prestasi di penghujung tahun 2020 tersebut. Prestasi bertaraf nasional itu didapat kota garam tak lepas dari 80 macam inovasi pelayanan masyarakat yang dilakukan Pemkab Rembang.