Puluhan Hektar Sawah di Pati Bakal Mendapat Klaim dari Asuransi Pertanian

Rukisih menegaskan klaim ini bukan bantuan, namun sebuah jaminan yang diperuntukkan bagi petani yang ikut asuransi dan tidak dibagi secara merata.

“Jadi kalau yang kena bencana dan tidak ikut AUTP ya tidak ikut seperti, Kayen, Jaken, dan Winong meski terendam banjir ya tidak dapat,” tegas Rukisih.

Baca juga: Kabupaten Pati Sumbang Atlet di PON Papua 2020

Kriteria lahan sawah yang bisa diajukan juga melalui seleksi yang ketat dari Jasindo. “Kalau banjir kan di lihat dulu, nanti Jasindo verifikasi tinggal fuso atau tidak. Kalau banjir surut dan kira-kira bisa tumbuh lagi ya tidak bisa dapat. Kalau yang mati tes baru bisa,” imbuhnya.

Baca Juga :   Peroleh Tambahan Pupuk, Dispertan Pati Yakin Stok Pupuk Aman

Rukisih mengaku Program AUTP tahun ini memang sedang digalakkan oleh Dinas Pertanian (Dispertan) Pati untuk memberikan perlindungan khususnya kepada petani yang memiliki tanaman padi.

Mengingat usaha tani padi di Pati memiliki risiko gagal tanam dan panen cukup tinggi, baik disebabkan oleh serangan hama penyakit maupun akibat perubahan iklim seperti banjir dan kekeringan.(*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati