oleh

Kudapan Sehat Ala Masyarakat Pesisir Rembang

Rembang, Mitrapost.com – Setelah meluncur di jalanan pantura Kabupaten Rembang kurang lebih lima belas menit, pengendara bakal menemui penjual kudapan khas masyarakat nelayan Kragan, Kabupaten Rembang, rujak petis namanya.

Bahan baku makanan ini tidak jauh berbeda dengan rujak pada umumnya. Namun ada satu bahan yang menjadikannya berbeda sekaligus menjadi nama dari makanan yakni petis.

Baca juga: Bidik Pengendara, Rapid Test Acak Terus Berlangsung di Rembang

Petis sendiri merupakan komponen dalam masakan Indonesia yang dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah, biasanya dari pindang ikan, kupang, atau udang. Dimana kuahnya dipanaskan hingga kuah menjadi kental seperti saus yang lebih pekat.

Rujak petis banyak dijumpai di area Kragan, mulai lapak di tempat wisata pantai, lapak pinggir jalan,  atau yang berada di tengah-tengah kampung. Kali ini Mitrapost.com kebetulan menemukan Rujak Petis Bulu yang berada di sebelah selatan Desa Plawangan Kragan.

Baca juga: Berkah Malam Tahun Baru, Pedagang Ikan di Rembang Diserbu Pembeli

Muklis penjual rujak mengaku bahwa, usahanya telah berjalan selama tiga tahun.  Sebelum dipindah ke kediamannya, Muklis bersama sang istri sempat berjualan di pinggir ruas jalan Kragan-Rembang.

Meski pindah ke tengah desa dan di rumah pribadinya, rujak buatan Muklis tidak kehilangan pelanggan setianya. Ia bahkan mengaku banyak pelanggan datang jauh dari kota Rembang hanya untuk menyantap rujak petisnya.

Baca juga: Jalan Raya Batangan-Rembang Rusak Parah

Komentar

Berita Terkait